Tuesday, June 26, 2007

(Mantan) Anggota Sheila on 7 Nikahi Akhwat Aktivis Dakwah

Oleh : Cahya Herwening


Seorang pemain band, lebih tepatnya mantan, dari salah satu kelompok band ternama di blantika musik Indonesia menikahi seorang akhwat aktivis dakwah. Akad nikah dilaksanakan di daerah asal si akhwat, Pematang Siantar, Sumatera Utara pada Jumat 25 Mei 2007 pukul 8.00. Sedang pesta walimahan dilaksanakan di Yogyakarta, tepatnya di Grha Sabha Pramana, UGM pada hari Sabtu tanggal 23 Juni 2007, pukul 19.00 sampai selesai.
Pesta walimahan berjalan cukup meriah, dilengkapi dengan dekorasi yang cukup wah dan bermacam hidangan yang mengundang selera. Teristimewa adalah tamu yang menghadiri pesta tersebut, yang terdiri atas pelbagai kalangan. Ada para artis, khususnya teman-teman satu tim dari mempelai pria, hadir di sana Duta, Adam dan Eros bersama keluarga masing-masing. Tamu undangan lain, sanak saudara, teman dari kedua keluarga. Juga teman-teman sang mempelai wanita, yakni para ikhwan dan akhwat aktivis dakwah kampus.
Suasana pesta cukup beragam, terutama saat menikmati hidangan. Terlihat kontras antara yang berdiri dan duduk. Meski telah disediakan tempat duduk, namun tak sedikit yang melakukan standing party. Kemudian dari penampilan tamu undangan, cukup variatif mulai dari yang berpenampilan cantik dan seksi dengan tata rias yang maksimal, hingga yang berpenampilan tertutup namun anggun menggunakan baju kurung dan jilbab panjang. Yang disebut terakhir ini cukup menghegemoni suasana meskipun tidak menjadi mayoritas.
Sebenarnya siapa sih yang beruntung bisa mempersunting seorang "kunci surga" untuk mendampingi hidupnya dalam mengarungi samudera kehidupan itu? Mungkin anda sudah bisa menebak. Ya, tidak lain adalah H. Saktia Ari Seno atau lebih dikenal dengan panggilan Sakti, yang ketika masih di Sheila on 7 berperan sebagai pemain rythm guitar. Beberapa kurun waktu terakhir, sejak memutuskan keluar dari Sheila on 7, Sakti mengambil jalan 'pertapaan', mencoba mendalami keislaman dengan lebih dekat kepada nilai-nilai kesufian.
Tak berlebihan kiranya, wanita yang kini telah sah menjadi pendamping hidupnya ini disebut sebagai "kunci surga". Tiada lain namanya, Miftahul Jannah, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memang memiliki arti "kunci surga". Selain itu, wanita muslimah yang shalihah memang dapat menjadi kunci surga bagi orang tuanya, juga bagi suaminya, melengkapi setengah dari diennya dan menjadi partner dalam membina keluarga muslim, yang dari keluarga-keluarga berkarakter muslim itulah dapat terbentuk masyarakat madani. Semoga Ita, panggilan akrab Miftahul Jannah, dapat mengambil peran tersebut.
Belum jelas bagi saya, bagaimana bisa dua orang yang berasal dari latar belakang sangat berbeda dapat disatukan dalam sebuah ikatan suci ini. Rasanya agak aneh saja. Namun yang pasti ada jalur-jalur khusus disamping tentu saja merupakan sesuatu yang Allah SWT kehendaki terjadi.
Saat menyalami Sakti, ingin saya katakan kepadanya, "Hey Mas Sakti, Anda itu memperoleh seorang "kunci surga" lho. Tolong dijaga baik-baik. Hmm, kalau nanti sampai membuat beliau menangis, awas kau!!". Ehm ... ehm..., sok protektif ya....??^_^ Ya jelas lah, Ita itu merupakan salah satu mantan teman seperjuangan saya di kampus, terutama saat masing-masing masih memegang amanah di Kelompok Studi Universitas (Ita) dan Kelompok Studi Fakultas (saya). Cukup banyak forum koordinasi yang mempertemukan kami dan teman-teman lain, yang membuat kami semua sudah bagai keluarga besar. Jadi, jelas jika kami mengharapkan kebahagiaan padanya dan tidak menginginkan sebaliknya. Sayangnya, apa yang ingin saya ucapkan itu baru kepikiran beberapa saat setelah selesai menyalami mereka, he... he... he....
Tapi, mungkin tidak perlu banyak kekhawatiran ketika saya melihat rona wajah gembira pada kedua mempelai, dan juga orang tua masing-masing. Semoga menjadi tanda bahagianya keluarga mereka kelak. Dan menjadi keluarga seperti yang kami semua harapkan, salah satunya Ita yang sarjana psikologi itu mampu mempengaruhi aspek psikologisnya Sakti. Hmm.. maksude opo
Nah, apapun yang terjadi, jika ini adalah kehendak Allah SWT, maka jelaslah kami harus ikhlas. Maka kepada kedua mempelai, kami ucapkan selamat. Selamat berjuang dalam mengarungi samudera kehidupan yang penuh rintangan, cobaan dan hambatan. Makin jauh bahteramu meninggalkan dermaga, maka akan makin besar pula resiko bahaya yang mengancam. Semoga semua dapat diatasi dengan baik nantinya. Yang jelas, di manapun bahteramu nantinya berada, akan senantiasa ada jangkar yang telah terikat tali yang sangat kuat. Maka berpegang teguhlah pada tali itu, yakni tali Allah. Islam. Bersama pemilik tali itu sendiri Yang Maha Kuat lagi Perkasa. Tiada penolong selain Dia.
Kami mendo'akan kalian;
"BARAKALLAAHU LAKA WA BARAKA 'ALAIKA WA JAMMA'A BAINAKUMA FII KHAIIR"
Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah, dapat berkontribusi bagi dakwah, dan muntijah dalam menghasilkan jundi-jundi yang siap berjuang membela Islam 'tuk mengembalikan izzah.

Selasa, 26 Juni 2007
pkl. 00.50-an

30 comments:

  1. Wah... maaf .. maaf... belum ada fotonya. Nanti kalau sudah dapet, akan segera saya masukkan... ^_^ insya Allaah...

    ReplyDelete
  2. Untuk Pernikahan Saudaraku (se-Islam):
    H. Saktia Ari Seno VS Miftahul Jannah

    "BARAKALLAAHU LAKA WA BARAKA 'ALAIKA WA JAMA'A BAINAKUMA FII KHAIIR"

    ReplyDelete
  3. wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (an-nur 26)..
    so mas Shirotsuya,antum g perlu khawatir.. doakan saja... semoga setelah menikah.. hidup mereka lebih berkah lg, dan semakin mengokohkan bangunan dakwah.. amien... ^_^

    ReplyDelete
  4. weeeee... alhamdulillah, barokalloh..
    dari masih nge band emang nih orang yang paling kalem diantara anggota S07 yg lain... rupanya ngilangnya dia tuh bertapa toh, rampung bertapa trus nggebrak orang gini... hehehe. jadi terkaget2 dan terkagum2... sungguh suatu akselerasi yg beda.
    hidayah emang hak prerogatif Allah ya.. Dia memberikannya kepada siapa saja yg dikehendakiNya.

    ReplyDelete
  5. wah..barokallah aja deh ^_^. Ditunggu pictnya..antum baik^^ saja kan, Bro? ^_^ juz kidding hehe

    ReplyDelete
  6. semoga selalu berkah yup
    amin
    kapan nyusul?
    heheehee

    ReplyDelete
  7. alhamdulillah.
    semoga yg lain mengikuti jejak sakti :)

    ReplyDelete
  8. subhanallah.. rahasia Allah yah...
    barokallah to ukhti ita n akhi sakti (udah jadi ikhwah toh?) yah semoga saja bisa mengikuti jejak bang Ali F1 dll toh. tapi tugas yang tidak ringan menunggu ukhti Ita dimasa depan... wallahu'alam bi showab.. ^_^

    ReplyDelete
  9. He...he...he... hmm... gimana ya... Iya, sih. Mas Sakti jelas ikhwah (saudara), kan sesama muslim. Cuma, beliau belum tarbiyah... ^_^. Do'akan saja...

    ReplyDelete
  10. Hmm... pertenyaan ini maksudnya apa ya?? He... he.. he... ;)

    ReplyDelete
  11. Do'akan saja secepatnya ya Mik. Tapi, kalau dalam perencanaan sih ... masih lebih dari setahun lagi. Mungkin sekitar dua tahunan lagi deh. Kecuali kalau tidak sesuai rencana (ok-nya sih... maju...^^ ).

    ReplyDelete
  12. amiin... insya Allah.. sama2 berdoa toh? ^_^

    ReplyDelete
  13. Insya Allaah kalau sudah dapet akan dipasang. Hmm... gak hanya foto sih, malah rekaman videonya ada... He... he.. he...

    ReplyDelete
  14. Aamiin... Insya Allaah... saya tidak khawatir. ^_^

    ReplyDelete
  15. Sepertinya sudah deh dengan Ust. Muslih Abdul Karim...hehe soalnya saya sering liat iklannya di Republika :D

    ReplyDelete
  16. Ditunggu ya foto-fotonya....saya selalu takjub dengan orang-orang yang hijrah....semakin menambah semangat ! :)

    ReplyDelete
  17. Wah, kayaknya harus pending lagi nih.... soalnya dua bulan ini saya KKN.
    Do'akan ya... KKN saya lancar dan sukses dalam memberdayakan masyarakat :)

    ReplyDelete
  18. Iya Mbak. Semua bisa saja terjadi, kalau Allah berkehendak... ^ ^

    ReplyDelete
  19. Yup... eh, tapi itu berarti: "memburu akhwat2 keren kah??"
    Aneeh... hihihi.. :D

    ReplyDelete
  20. Bismillaah...
    udah lama banget pengen kasih comment di laman ini...
    Jazakumullah ya atas comment semuanya...
    Alhamdulillah tanggal 03 Juni 2008 kemarin puteri shalihah kami sudah lahir namanya Asiah Az-Zakhra
    Sekarang hobinya dzikr Laa ilaaha illallaah sambil geleng2 kepala n ngoceh ALLAHUAKBAR, bunyinya jadi "Owaba, Owaba" :-), sungguh menggemaskan. Do'akan jadi anak shalihah ya...

    ReplyDelete
  21. ^____^ Haha... mb Ita nih, akhirnya yg jadi bahan berita gregetan sejak dulu ya...

    Semoga putrinya menjadi wanita shalihah nan mujahidah di dunia, dan menjadi bidadari di syurga...
    Amiin....

    ReplyDelete