Monday, December 17, 2007

'I'm No More Spiderman!'




Oleh : Cahya Herwening


Jika Anda pernah menonton film Spiderman 2, entah di bioskop atau di rumah (via DVD or VCD), maka pada pertengahan film akan ada scene dimana Peter Parker membuang kostumnya ke tempat sampah dan berkata, "I'm no more Spiderman!" ("Aku bukan lagi Spiderman!").

Sebenarnya ada apakah gerangan?

Bagaikan peribahasa "sepandai-pandainya tupai melompat, akhirnya akan jatuh juga", Spiderman mengalami apa yang dialami tupai. "Sepandai-pandainya Spiderman memanjat dinding, suatu saat akan gagal juga". Itulah yang terjadi. Pada scene sebelumnya, jagoan kita ini sedang memanjat dinding saat akan beraksi memberantas kejahatan, namun entah kenapa daya rekat kaki dan tangannya ke dinding serasa hilang. Tak ayal dia jatuh dari tempat yang tinggi ... bumm!!

Pada kesempatan berikutnya, Si Manusia Laba-laba melompat namun lompatannya tak sejauh biasanya. Kemudian, saat akan mengeluarkan jaring untuk berayun, tidak ada spiderweb yang keluar dari tangannya. Begitu pula manakala saat berayun, suatu saat jaringnya tidak keluar sehingga dia kembali harus terjun bebas, merasakan kerasnya lantai aspal jalanan. Ketika ada bahaya mengancam, the spider-sense is no more timbling, sehingga bahaya itu tak dapat dielakkan. Entah kenapa tiba-tiba semua kemampuannya serasa hilang.

Peter Parker bingung pada dirinya, kenapa tubuhnya rasanya tidak normal. Kenapa kemampuan superheronya sering bermasalah. Dia tidak bisa lagi memanjat dinding, mengeluarkan jaring, melompat jauh. Kemampuan fisiknya pun menurun drastis. Semua pertanyaan itu harus ada jawabannya, pikir Parker. Maka untuk mengetahui jawaban pertanyaan yang mengelilingi kepalanya, dia memeriksakan diri ke dokter.

Setelah diperiksa denyut nadi, degup jantung, tekanan darah, sekaligus diperiksa darahnya, tidak ada gejala penyakit yang terlihat. Semuanya terlihat normal. Dokter mengatakan Peter tidak apa-apa. Peter heran. Kemudian dia mengutarakan keluh kesah ('teman')-nya ke dokter itu.
"Dokter, aku ... eh ... maksudku temanku bermimpi. Dalam mimpinya itu dia adalah Spiderman. Namun dia tidak bisa lagi memanjat dinding, mengeluarkan jaring laba-laba, melompat, mengangkat benda berat, kemampuannya seperti hilang. Apakah Anda tahu apa sebabnya?" tanya Parker.

Jawab dokter itu, "Kau mengatakan bahwa temanmu itu tidak bisa memanjat dinding dan menembakkan jaring seperti Spiderman? Hmm ... mudah sekali jawabannya. Karena dia bukanlah Spiderman."

Sepanjang jalan pulang dari klinik, Parker memikirkan kata-kata yang meluncur dari mulut dokter itu. Sampai di kamar kost pun dia terus memikirkannya, membayangkan apa saja yang telah menimpanya, kariernya, kekasihnya Mary Jane. Merenungkan kehidupannya yang kacau. Membayangkan, betapa enak dia jadi orang biasa. Dia tidak perlu repot mengejar-ngejar para bandit. Tidak perlu konflik dengan orang yang sangat dicintainya. Bahkan mungkin juga tidak akan kehilangan pamannya, Uncle Ben. Merasakan betapa tenteramnya hidup menjadi orang biasa.

Karena bingung, hampir putus asa, dan mengetahui kenyataannya bahwa kemampuannya telah hilang, akhirnya Parker memutuskan sesuatu yang tak tebayangkan sebelumnya. Diambilnya kostum Spidey, dibawanya menyusuri lorong di antara gedung pencakar langit, dan.... dicampakkannya kostum itu di tempat sampah yang ditemukannya. Ditatapnya sebentar ... lalu beranjak meninggalkan tempat itu sambil mengatakan, "from now on, I'm no more Spiderman..." ("mulai sekarang, aku bukan lagi Spiderman")

Bagaimana nih ... jagoan kita berhenti menjadi superhero. Trus ... siapa lagi dong yang memberantas para bandit, perampok, pencuri dan para penjahat lain? Siapa lagi dong yang akan menyelamatkan warga kota? Siapa dong yang akan melawan penjahat super macam Green Goblin, Dr. Octopus, dan juga Venom serta Sandman nantinya? Atau akan diserahkan ke The Socker, Carnage, The Lizard Mysterio atau Electro? Bah... mereka mah juga penjahat atuh! Jadi gimana dong?? [ ]

(bersambung ke: "I'm No More Spiderman!" 2)

13 comments:

  1. ada apa mangnya? jadi penasaran nih...

    ReplyDelete
  2. Apa coba?? Ada yang tau gak? Ada yang bisa nebak gak? :)

    ReplyDelete
  3. kirain situ yang no more spiderman ^_^

    ReplyDelete
  4. He... he... saya kan bukan Spiderman ... tapi NINJA!!! :)

    ReplyDelete
  5. Tuh .... sekarang dah lebih lengkap.
    Full version untuk bagian pertama .... (alias bersambung, he...he...he...he...^_^)

    ReplyDelete
  6. ninja bukan, spiderman bukan
    batman kali, atau temennya batman minimal, si Robin, atau kelelawarnya lah ya :')

    ReplyDelete
  7. Halah... ngomong apa to Mam? Sy kan ninja tingkat chuunin...

    ReplyDelete
  8. Peter kehilangan kekuatannya karena dia sudah tidak yakin lagi dengan dirinya yang seorang Spiderman

    ReplyDelete
  9. :)) Yup ... kita liat nanti di sambungannya...

    ReplyDelete
  10. la nek ngene semua jawaban bisa benar dong?tergantung mas cahyo?

    ReplyDelete