Monday, January 28, 2008

Fatwa Para Ulama Tentang : Jama'ah Islam Yang Lebih Dekat dengan Kebenaran

Pertanyaan nomor : 6250
Dalam dunia Islam sekarang ini, muncul beberapa kelompok dan aliran sufi. Misalnya, Jama'ah Tabligh, Ikhwanul Muslimin, Sunni, Syi'ah, diantara itu semua, manakah yang sesuai dengan Kitabullah dan Sunnah Rasul-Nya ??

Jawab:
Diantara beberapa jama'ah Islam yang lebih mendekati kepada kebenaran dan yang paling semangat dalam melaksanakannya: yakni Ahlus Sunnah, adalah Ahlul Hadits, Jama'ah Anshorus Sunnah, kemudian Ikhwanul Muslimin.
Ringkasnya, semua kelompok itu dan juga yang lainnya, ada sisi kesalahan dan kebenaran. Oleh karena itu, wajib bagimu untuk senantiasa saling membantu dalam kebenaran, dan menjauhi hal-hal yang salah, disertai dengan saling menasehati dan membantu di atas jalan kebaikan dan ketakwaan.
Hanya kepada Allah kita memohon pertolongan. Semoga shalawat dan tetap tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para shabatnya.

Al-Lajnatu Ad-Da'imatu Lil Buhutsi Wal Ifta'
Ketua          : Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
Wakil Ketua : Abdur Razaq Al-Afifi
Anggota       : Abdullah bin Ghadyan
Anggota       : Abdullah bin Qu'ud

Diambil dari Kitab Al-Lajnatu Ad-Da'imatu Lil Buhutsi Wal Ifta', jilid II, judul : Al-Firqotun Najiyah, halaman : 237 – 238
( Lembaga Fatwa Para Ulama Saudi Arabia )

17 comments:

  1. kita adalah salah satu jamaah yang berada diantar jamaah2 lainnya..so bersatulah dengan manhaz Allah dan Rasulullah..waullahualam..

    ReplyDelete
  2. Begitu, ya? Sudah dibukukan dan diterjemahkan ke bhs Indonesia? Kalo iya, apa judul dan penerbitnya?

    ReplyDelete
  3. bukan berarti merasa paling benar kan? :)

    ReplyDelete
  4. Ya tentu dong Mon...^_^ kan dah dijelaskan di dalam fatwa itu juga...

    "Ringkasnya, semua kelompok itu dan juga yang lainnya, ada sisi kesalahan dan kebenaran. Oleh karena itu, wajib bagimu untuk senantiasa saling membantu dalam kebenaran, dan menjauhi hal-hal yang salah, disertai dengan saling menasehati dan membantu di atas jalan kebaikan dan ketakwaan.
    Hanya kepada Allah kita memohon pertolongan. Semoga shalawat dan tetap tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para shabatnya."

    ReplyDelete
  5. Yup, manhaj asasi setiap muslim dan setiap gerakan dakwah haruslah Al Qur'an dan As Sunnah. Klo tidak, maka sesatlah orang atau golongan itu....

    ReplyDelete
  6. Ya... begitulah menurut fatma ulama kontemporer. Kitab fatwanya tentu sudah dibukukan, tapi klo terjemahannya saya belum tahu dah ada atau belum.. :)

    ReplyDelete
  7. ya itu..knp banyak kelompok dalam dunia islam?trus gmn cara membedakan antara yang sesuai dengan kitabullah dengan yang tidak?secara orang2 awam kayak atin kan suka bingung membedakannya coz minimnya ilmu soal agama islam.

    ReplyDelete
  8. Waa... kalau menjawab atau menanggapi pertanyaan itu tuh bakal panjang amir....
    Kpn2 deh diposting artikelnya... atau via PV aja sekarang ya...?

    ReplyDelete
  9. yg jelas...kita tidak tau apakah jama'ah yg kita ikuti itu benar2 paling benar. jika kita suatu saat menemukan sesuatu yg lain dan hati kita mantap didalamnya dan sesuai pula dgn kitabullah dan asunah ????? (wallahualam...hanya Allah saja yg tau...)

    ReplyDelete
  10. Tidak ada jama'ah yang berhak mengaku paling benar, sedang kelompok yang lainnya salah. Tidak boleh ada ta'ashub terhadap golongannya sendiri. Jika itu terjadi, maka akan robohlah dakwah ini, karena memicu perpecahan di kalangan umat ini.

    Yang memenuhi syarat sebagai ahlussunnah wal jama'ah bisa jadi beberapa jama'ah minal muslimin, karena masing2 memegang teguh Al Qur'an dan As Sunnah dengan berlandaskan pemahaman Salafus Shalih. Namun, kita boleh memilih satu di antaranya yang punya manhaj amaly paling sesuai dengan style kita, atau yang kita pertimbangkan akan paling cepat dalam mencapai tujuan dakwah, yakni dicapainya kembali kejayaan Islam, Islam menjadi ustadziyatul 'alam. Wallaahu a'lam...

    ReplyDelete