Friday, August 22, 2008

Kumpulan Taushiah Pendek 2

Kumpulan taushiah edisi 2 dari berbagai sumber (terutama YM ^__^), silakan disimak....

Pertama
Do'a malaikat Jibril menjelang Ramadhan " "Ya Allah tolong abaikan puasa ummat Muhammad, apabila sebelum memasuki bulan Ramadhan dia tidak melakukan hal-hal yang berikut: * Tidak memohon maaf terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya (jika masih ada); * Tidak berma'afan terlebih dahulu antara suami isteri; * Tidak bermaafan terlebih dahulu dengan orang-orang sekitarnya. Maka Rasulullah pun mengatakan Amiin sebanyak 3 kali. Dapatkah kita bayangkan, yang berdo'a adalah Malaikat dan yang meng-amiinkan adalah Rasullullah dan para sahabat , dan dilakukan pada hari Jumaat. Oleh itu SAYA TERLEBIH DAHULU MEMOHON MAAF jika saya ada berbuat kesalahan, baik yang tidak di sengaja maupun yang di sengaja , semoga kita dapat menjalani ibadah puasa .. SELAMAT BERPUASA..

Kedua
Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam naik ke atas mimbar kemudian berkata, "Amin, amin, amin". Para sahabat bertanya. "Kenapa engkau berkata 'Amin, amin, amin, Ya Rasulullah?" Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Telah datang malaikat Jibril dan ia berkata
: 'Hai Muhammad celaka seseorang yang jika disebut nama engkau namun dia tidak bershalawat kepadamu dan katakanlah amin!' maka kukatakan, 'Amin', kemudian Jibril
berkata lagi, 'Celaka seseorang yang masuk bulan Ramadhan tetapi keluar dari  bulan Ramadhan tidak diampuni dosanya oleh Allah dan katakanlah amin!', maka  aku berkata : 'Amin'.
Kemudian Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata lagi. 'Celaka seseorang yang mendapatkan kedua orang tuanya atau salah seorang dari keduanya masih hidup tetapi justru tidak memasukkan dia ke surga dan katakanlah amin!' maka kukatakan, 'Amin".
[Hadits Riwayat Bazzar dalama Majma'uz Zawaid 10/1675-166, Hakim 4/153 dishahihkannya dan disetujui oleh Imam Adz-Dzahabi dari Ka'ab bin Ujrah, diriwayatkan juga oleh Imam Bukhari dalam Adabul Mufrad no. 644 (Shahih Al-Adabul Mufrad No. 500 dari Jabir bin Abdillah)]

Ketiga
Dinyatakan dalam hadits Zaid bin Khalid dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda: "Barangsiapa memberi makan kepada orang yang berpuasa maka baginya seperti pahala ovang yang berpuasa itu tanpa menguuangi sedikitpun dari pahalanya. " (HR. Ahmad dan At-Tirmidzl).

Keempat
Seorang Arab dari gunung datang ke majlis Nabi shallallahu 'alaihi wa 'ala aalihi wasallam dan bertanya: “Kapan terjadinya hari kiamat?” Maka Rasulullah shallallahu `alaihi wa 'ala aalihi wasallam menjawab: “Ialah bila diterlantarkannya amanah, maka tunggulah terjadinya kiamat.” Orang itu masih bertanya lagi: “Bagaimana amanah itu dikatakan telah diterlantarkan?” Beliau menjawab: “Bila suatu urusan diserahkan kepada bukan ahlinya maka tunggulah terjadinya hari kiamat". (HR. Bukhari dalam Shahih nya bab Kitabul Ilmi hadits ke 59 dari Abi Hurairah)

Kelima
Aktifitas kehidupan yang itu2 saja, terkadang membuat qta merasa jenuh & bosan, belum lagi ketika berhadapan dengan sekelumit masalah. Ada suatu cara yang biasa saya lakukan untuk menjadikan hidup lebih hidup, yaitu ketika qta keluar dari rumah, nikmati setiap pemandangan yang kita lihat, nikmati setiap desiran angin, air yg bergemericik, kicauan burung, rumput yang bergoyang, langit yang biru, atau tumpukan awan yang bergumul, tebarkan senyum kpd setiap org yg kita temui di jalan, sapa mereka dengan salam kebaikan.

Ada suatu kisah tentang seorang anak yang menemui kegemaran baru, ketika pada suatu hari secara tidak sengaja dia menemukan uang yg terjatuh di jalan. Begitu bahagianya ia, sehingga keesokan harinya ia selalu berjalan dengan kepala tertunduk, berharap ia mendapatkan keberuntungan kembali. Terus dan terus begitu setiap harinya. Esoknya dan esoknya lagi kepalanya selalu tertunduk berharap menemukan uang yang terjatuh di jalan. Sahabat..apa yang bisa qta petik dari kisah diatas? ya betul..anak itu memang mendapatkan uang2 itu, tapi dia kehilangan senyuman org2, dia tidak tahu bagaimana indahnya matahari terbit, indahnya langit, burung2 berkicau, sapaan & wajah ramah org2 disekitarnya, serta indahnya setiap momen dalam kehidupan yg telah ia lewatkan, akibat kepalanya yg selalu tertunduk.

Sahabat...terkadang fikiran qta tertumpu pada satu masalah & melupakan hal lain di sekitar qta, padahal bisa jadi hal2 lain itu bisa menjadi sumber kebahagiaan & inspirasi dikala qta mengawali hari. Kunci kebahagiaan adalah bersyukur, ada banyak hal yg ternyata patut kita syukuri. Masalah kerap akan hadir dalam kehidupan kita, tak ada kehidupan tanpa masalah. So say to your problem, ”Hei problem, I Have A Big God!”. Sahabatku….syukurilah hari2 karena engkau tidak kehilangan segalanya…(By Ayu-from my journey).

Sip, sampai jumpa lagi di edisi berikutnya... ^____^ [ ]

4 comments:

  1. Amiiin...sama2 kak, afwan jiddan juga. banyak kata yang kadang tanpa sadar menyakiti hati. mohon diikhlaskan. ^_^

    ReplyDelete
  2. Hee.... ternyata Ila nyadar juga ya... :D. Ok, dah dimaafin kok.. ^___^

    ReplyDelete
  3. Mohon maaf segala kesalahan saya.
    Yg saya segaja atau ga sengaja.
    Terpaksa atau ga terpaksa.
    Nyadar atau ga nyadar.

    Semoga puasanya jadi puasa yang mantab.

    ReplyDelete
  4. Aamiin.. seepp.. mantheb pokoke dah!! ^___^
    Smangaaaatttt!!!

    Insya Allah dah dimaafkan. Aye mohon maaf juga ya...

    ReplyDelete