Friday, October 31, 2008

The Ninja's Primary Weapon: Nunchaku!


Oleh : Cahya Herwening


Setiap pendekar pasti punya senjata andalan utama, yang akan dikeluarkannya pada saat terdesak manakala lawan tidak dapat diimbangi lagi dengan tangan kosong. Wiro Sableng punya Kapak Naga Geni 212, Arya Kamandanu punya Pedang Nagapuspa, Wong Fei Hung punya Tombak (apa ya namanya...), Spiderman punya webshooter, lalu ... Max Payne punya pistol .. dorr!! Masih banyak banget lah para jagoan di muka bumi ini. Semua punya perangkat atau senjata untuk membantu upaya menegakkan kebenaran di muka bumi.

Kita ingat banget dong, firman Allah Ta'ala yang berbunyi; "Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah, musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan)." (Qs. Al-Anfal: 60). Nah, seperti itulah, setiap kita musti menyiapkan sesuatu dalam menyongsong jihad, i'dad fii jihad. Kekuatan apa saja, entah itu berupa ketrampilan, keahlian, ilmu ataupun alat dan perangkat/perlengkapan.

Nah, untuk itulah si Ninja yang kepengen selalu berguna dalam upaya menegakkan kebenaran ini juga menyiapkan sesuatu untuk memenuhi panggilan itu. Salah satunya adalah persiapan senjata. Bukan ninja dong namanya klo gak menguasai penggunaan senjata. Ninja apaan nanti jadinya?? So, si Ninja ini memilih nunchaku, setelah sebelumnya sempat kesengsem sama bokken and bo.

Apaan tuh nunchaku? Teman-teman pada belum tau kah? Hmm...yang suka game, pasti pernah mainin game fighting Soul Blade di arcade ato PS dong. Nah, nunchaku tuh yang dipake ma si Li Long. Atau kalau dalam Soul Calibur ya Maxi lah yang pakai. Terus dalam game RPG legendaris, Final Fantasy VIII, si Selphie Tilmitt juga pake nunchaku tuh. Zaman kita kecil dulu pasti liat kartun kura-kura ninja alias Turtles. Nah, di situ nunchaku dipake ama Michaleangelo. Lalu ... klo pas terdesak, gurunya Rock Lee yakni Maito Gai (Mighty Guy ^_^) pasti ngeluarin nunchaku dari tasnya. Dan pastinya .. yang bikin populer si nunchaku tuh gak laen gak bukan jelas si raja kungfu, Bruce Lee, dalam filmnya Fist of Fury, Enter the Dragon, dan lain-lain. Si Ninja ini jadi suka nunchaku setelah liat film seri Bruce Lee Semangat Sang Naga yang pernah diputer di salah satu stasiun TV kita. Dah lupa kapan tuh tahunnya.


Liat gambar di samping!
Nah itulah nunchaku. Dua batang tongkat pendek (sekitar 12 inchi) yang disambung oleh tali atau rantai. Ada banyak alternatif bahan pembuat nunchaku di era modern ini, bisa dari logam, kayu, plastik, fiberglass, styrofoam (khusus buat latihan or maen pelem) pun ada. Talinya kalau zaman dulu pakai rantai atau rambut kuda, sekarang bisa pakai nylon. Bentuk irisan horisontal batangnya gak cuma bulat, tapi bisa segi enam atau delapan. Nunchaku tipe China biasanya yang bulat, sedang tipe Okinawa segi delapan karena dengan adanya sudut maka akan menimbulkan damage (kerusakan) yang lebih besar ketika dipukulkan. Nunchaku diklaim sebagai senjata jarak dekat dan menengah yang efektif. Dapat difungsikan dalam menyerang maupun bertahan. Semuga bagiannya bisa berguna. Rantai atau tali bisa untuk mencekik dan mengunci, sedang batangnya untuk menyabet, memukul, menangkis dan menyodok.

Di tangan yang belum expert, nunchaku bisa jadi senjata makan tuan yang ampuh . Kalau nggak kena siku (paling sering nih.., sakitnya bukan main!), kepala, atau bagian tubuh lain seperti kaki, perut atau ... bawah perut. Halah!! Tapi di tangan expertise, wah bisa jadi senjata yang deadly, mematikan, meski tidah membunuh. Nunchaku bisa bergerak cepat, menyerang dari sudut yang tidak terduga, dan tahu-tahu .. bakk!! Kena bagian vital, sebagaimana sasaran utama nunchaku, misalnya menyodok leher, ulu hati, pelipis, mata, dagu, dsb. Bisa juga tangan lawan yang sedang memegang senjata. Atau bagian-bagian berbahaya yang lain. Bagi yang ahli, nunchaku bisa menyerang satu titik di daerah mata. Wow.. sampai setajam itu titik serangannya choy!

Masih bwaanyaak en pwaanjaaang ceritanya kalau mau membedah nunchaku, mulai dari sejarahnya, bagian dan kegunaannya, penggunaannya dalam pertarungan, jenis-jenis nunchaku, dan lain-lain. Kapan-kapan lah klo ada yang pengen diceritain, baru tak tulis. Daripada kepanjangan tulisan di sini.

Seperti pernah disebut di awal, saya kepincut ma nunchaku gara-gara film seri Bruce Lee: Semangat Sang Naga. Terus ngebuat sendiri deh, dari gagang sapu rumah, dengan tali rafia... hahaha. Ya nggak apa-apa kan, namanya juga masih SD. Buat latihan lumayan, dan baru bisa dan kepikiran satu move: back catch. Gak lama kemudian, rusaklah tuh nunchaku pertama. Berpindah suka tongkat (bo) soalnya liat Jet Li yang jago pakai tongkat, lalu pedang kayu (bokken) soalnya liat film-film samurai, termasuk yang kartun, Kojiro misalnya . Ehmm... beberapa bulan lalu pas ngambil kayu-kayu (almari, dipan, kursi-kursi, menyelamatkan dari ketidakbergunaan dan kehujanan) dari tempat nenek dapet yang pas buat bikin bokken. Minta ke Ibu, walahh gak boleh dipake. Ya udah deh.. dengan sukarela dan sembunyi-sembuyi dibikin deh tuh bokken (hii... nakal yee.. :D). Dari kayu jati bo, lha bekas dipan je! Wuih.. pwanjangnyoo.. soalnya sayang kalau dipotong. Tebal en berat lagi. Tapi gak apa-apa, kan buat latihan.

Baru beberapa saat sebelum Ramadhan, nemu nunchaku buatan sendiri (tapi bukan buatan aye!) di 'markas besar' dakwah DIY. Ketemu mantan staf yang punya ruangan (MPW) di mana nunchaku itu ditemukan, tak minta aja. "Ehmm.. Pak, nunchakunya tak minta buat ane ya?" Dijawab: "Oo.. bawa aja, tapi harus buat latihan lho!!". Tak jawab lagi: "Wah, itu mah rebes. Emang mau buat latihan je..". Ya udah, akhirnya tak bawa tuh nunchaku yang terbuat dari pipa besi bercat merah. Beberapa hari pakai, wah suaranya terlalu berisik dan terlalu ringan. So, dalemnya tak isi kayu biar lebih berat dan berkurang pula keberisikannya.

Nah, jadinya selama Ramadhan latihan itu tuh.. hehe jadi salah satu alternatif olah raga di bulan Ramadhan. Pagi habis shubuh, siang, sore sambil nunggu adzan (ngacirburit, eh.. ngaburburit :D), atau malam habis tilawah or tarawih cocok aja buat latihan. Asal nggak di dalem rumah, soalnya ibu paling sebel liat orang yang banyak tingkah di dalam rumah, bikin sepet mata, kata beliau
. And punya resiko.. mecahin kaca en barang lain yg fragile. Hahaha.... Yo wis, di luar aja klo gitu. Dan korban-korban latihan mulai berjatuhan, mulai dari siku kanan dan kiri .. dengkul .. kepala..pernah mata juga kena nunchaku saat latihan. Duh... repot. Sakit euy!! Paling menyakitkan tuh kalau kena siku, wadhuu... Terus pas kena mata, berlinanglah tuh mata yang kena, meski gak perlu liat drama yang mellow. Tapi.. gak akan menyerah. Tetep lanjut latihan. Sampai sekarang.. dah lumayan nih skillnya. Menguasai beberapa move dan kombinasi. Sambil merem pun dah bisa nangkep. Ya iyya laah. Hihihi....  Kapan-kapan klo ada yang mau tak upload di MP deh rekaman. Huhuhu.. Siapkan dirimu!!! GANBATTE!! [ ]

31 comments:

  1. ckckckck..
    subhanallah... si abang yang satu ini :D
    gambarnya kagak nongol ah bang..
    yow!!!! bon courage bang cahyoooo..>!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  2. hehhee...iya tuh..gambarnya malu..ninjanya lagi gak pake...cel....

    ReplyDelete
  3. Gak mahal laah.. kan kayunya dapet secara gratis!! ^__^ Klo dijual mungkin mahal, tapi mungkin juga gak bakal laku!! Hahaha...

    ReplyDelete
  4. Wekkss.. emang gambar apaan? Gambar nunchaku doang kok.. :D

    ReplyDelete
  5. Hehehe...
    Sekarang dah nonol tuh gambarnya. ^___^

    ReplyDelete
  6. latian ninjitsu nya.

    kenapa pilih nunchaku ? shuriken kan lebih keren :D

    ReplyDelete
  7. Gak ada yang lebih keren. Semua bergantung fungsi or kegunaannya. Pilih nunchaku .. biar kayak Bruce Lee.
    Whatthhaa!!!

    ReplyDelete
  8. sekali2 pake shuriken ato shaken akh. biar lebih mirib ninja gitu :D

    ReplyDelete
  9. pas latian direkam lagi ya pak. ntar terus diposting di MP videonya. haha..
    :P

    ReplyDelete
  10. Oke.. insya Allah klo ada pinjeman kamera digital.
    Tapi nanti Rakhma gak boleh ngetawain lho.... Dikira guru Gai nanti, repot aku. Hohoho...

    ReplyDelete
  11. nggak dehh. ampuuunnnnn...

    Guru Gai? maksudnya apa sih???

    ReplyDelete
  12. Gai, Maito Gai (katakana dari Mighty Guy) adalah guru Rock Lee, salah satu ninja generasi emas desa Konoha, segenerasi dengan Naruto. Gai adalah ninja dgn gaya Bruce Lee, senjatanya pun nunchaku, dan baru dikeluarin klo dah sangat terdesak atau lawan terlalu tangguh. Gitu.

    ReplyDelete
  13. oooo saia tahu, Pak...!!!
    yang mukanya mirip sama Rock Lee itu kan? he.. he.
    :D

    ReplyDelete
  14. Bukan mirip, tapi klo satu alirah emang model pakaian dan potongannya musti sama kalee.. :D

    ReplyDelete
  15. Assalamu'alaikum.....
    Waduuuhhh....
    Antum seneng maen ninja2an ya....
    Jadi ingedh adik ana yang dirumah....

    Haahahahahohooho

    ReplyDelete
  16. Wa'alaykumussalaam wrwb
    :D Bukan main ninja-ninjaan, tapi ninja beneran tuh... Huhuhu...

    ReplyDelete
  17. pake double stick aja eh sama yah

    ReplyDelete
  18. ckk...ckk..ckk....dasar Ninja!!! gimana ya aksi sebenarnya? pengentau.com

    ReplyDelete
  19. Hehehe.... :D
    Semoga segera bisa ngeluncurin videonya. Gak usah ditunggu tapi ^___^

    ReplyDelete
  20. mane buktinya? :p emang bisa jurus menghilang atau jurus seribu bayangan? ;))

    ReplyDelete
  21. Jurus seribu bayangan tuh mah sihir, bukan jurus ninja. Menghilang juga sihir.
    Gak ada tuh ninja yg punya jurus2 itu.

    ReplyDelete
  22. - Ninjutsu: seni beladiri tangan kosong ala ninja, spt biasa lah: pukulan, tendangan, kuncian, bantingan, dll.
    - Shurikenjutsu: seni melempar shuriken.
    - Kemampuan memainkan senjata lain: katana, ninjato, yari, naginata, nuchaku, kusarigama, bo, wakizashi, nodachi, dsb.
    - Menyelam.
    - Melipat tubuh (melepas persendian) shg bisa masuk ruang sempit.
    - Menyamar.
    - Dll.

    ReplyDelete
  23. kakashi hatake lebih qewrenrz !!!

    *fans kakashi*

    :D

    ReplyDelete
  24. adanya juga jurus langkah seribu ya akh ?

    kwkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  25. Weeehh... itu mah my special jutsu: Thousand Step no Jutsu.
    Artine klo gak iso boso inggris: Jurus langkah seribu!! :D

    ReplyDelete