Sunday, November 30, 2008

Apa Bapakku Memang Kena Gangguan Jin Ya??


Oleh : Cahya Herwening


Bapakku berusia 70-an tahun, lahir tahun 1939 (kira-kira lho, soalnya waktu itu belon ada akte kelahiran je..). Untuk orang berusia seperti itu, biasanya masih sehat segar bugar, kuat lincah cekatan. Ingatan dan daya pikirnya masih bagus, tertata dan masih responsif. Tapi, bagaimanakah kondisi bapakku sekarang?

Inilah beberapa gambaran kondisi beliau sekarang:
1. Gerakan: lamban,
2. Jalannya: pelan, nunak-nunuk,
3. Pendengarannya: kadang selen,
4. Terlalu mudah semelang, alias khawatir bin was-was... Yg ini dah keterlaluan deh...
5. Sering melihat hal-hal yang 'tak seharusnya'
Misalnya, lihat dedaunan kyk orang, lihat helm dua kyk ada anak kecil dua, kayak orang kena sihir ilusi gitu dehh.
Pas makan juga, kebayangnya ada nasi yang berjatuhan dari mulut, padahal kagak.
Tidur kayak serasa meluk kerbau... duh!!
6. Pikiran gak responsif, maksudnya selen gitu, yang ngomong maksudnya ini tapi ditangkepnya itu.
7. Buang hajatnya tidak normal...
8. Penglihatannya: gelap, kayak remang-remang gak jelas gitu. Seperti ada yg 'menutup2i' pandangannya.
9. Pikirannya... seperti blank, mau apa gitu seperti gak kepikiran. Mirip orang bingung gitu.
10. Tidurnya sering ngelindur..

Hmm.. apa lagi ya ... nanti lah kalau ada lagi atau keinget tak tambahin lagi.

Nah, gitu kan. Beberapa waktu lalu coba diperiksakan ke rumah sakit, dari masalah darah, kerja organ, de el-el. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa kondisi fisik normal, tidak ada apa-apanya. Tapi kok kondisi nyatanya begitu ya??

Belum lama juga, saya membaca buku karangan Syaikh Muhammad Ash-Shayyim tentang pengalaman beliau dalam pengobatan dengan Al-Qur'an. Dalam bukunya dipaparkan beberapa macam gangguan jin/sihir, ada sihir gila, sihir manjus (najis), sihir ilusi, sihir was-was, dsb. Jadi, saya curiga jangan-jangan bapak terkena gangguan jin, entah kiriman orang atau bukan. Begitu pula ibu, dan kakak, berpikir juga perihal kemungkinan adanya gangguan jin tersebut. Tadi pagi sempat diskusi sambil ngerjain kerjaan-kerjaan rumah tentang kemungkinan kecurigaan itu benar-benar terjadi. Dan dah direncanakan nantinya coba minta diruqyah oleh ustadz.

Umm... kalau dirunut kejadiannya, sejak kapan kondisi bapak saya menurun, itu setelah jatuh ke sawah karena terperosok saat berpapasan dengan mobil di jalan persawahan. Tangan beliau patah. Semenjak itu berangsur-angsur menurun kondisinya. Dan ketika momentum gempa di Jogja dua tahun silam, merupakan saat yang meninggalkan trauma pada beliau. Dan mulai saat itu kondisi psikologisnya juga makin menurun.

Terkait dengan saat bapak jatuh, tadi kakak sempat nyeletuk; "Jangan-jangan Bapak ngebawa jin dari sawah tempat jatuh itu? Jangan-jangan di situ tempat mandi lumpurnya kerbau-kerbau jin??" Dasar, ada-ada saja.

Gimana nih, Teman-teman? Ada gak yang lebih tahu mengenai persoalan semacam ini?? [ ]


--ditulis di Markas Besar

23 comments:

  1. Bener mas coba diruqyah aja, namanya si jin kalo ilmunya dah kuat, apalagi pemula, bawaannya iseng mulu, hehehe...semoga berhasil dan bapak kembali sehat lagi. Salam buat beliau ya, dah pernah ngobrol soalnya :D

    ReplyDelete
  2. mungkin karena memang sudah tua saja kalih.?

    atau ya coba aja dilihat setelah di ruqyah nanti :)

    semoga semua lancar dan baik2 saja ya buat bapaknya :)

    ReplyDelete
  3. hmmm.... dbw k dokter ktny normal y mas?
    mngingat usiany yg tua ap g dksh tau kmgknan pnyakit umum yg dderita org2 tua y? smsl kyk dementia dsbny? soalny kykny bpk dh mulai loss of focus & pmikiranny dh mulai mnurun.. tp adny ilusi aneh2 itu mbuat sy agak bgng.. ap mgkn ad sdkt gangguan d psikisny (g semua gangguan psikis itu gila lho y mas. itu kn istilah awam aj).. bs jd krn proses traumatik bpk jd bgt.. tau org schizoprenia? org schizoprenia gejalany jg ad halusinasi gt.. hmmm... tp g trtutup kmgknan jg ap yg mas blng,gmnpun qt g hidup d dunia qt aj kn?

    silakn dcoba ruqyah aj mas..
    klo mo k dokter, k psikiater (dr. Sp. KJ) aj..

    d usia lanjut sprt itu pastilah ad bbrp kbutuhn khusus bpk yg perlu kluarga trdekat tahu.. gmnpun jg qt hrs mbantu bpk mndptkn masa tua yg brkualitas.. btw, jgn sampe bpk loss of attention dr keluarga tdekatny y mas.. wlopun pikirn bpk srng lompat2 gt,tiap ad ksempatan srng2 aj ajak bpk ngobrol yg ringan2.. bliau pst seneng ^_^

    ReplyDelete
  4. kl menurut ana kyknya krena sudah tua kali akh..dulu pas nenek saya sekitar usia segitu juga hampir mirip dengan beliau,bahkan disisa-sisa terakhir hidupnya..ia hy bisa tertidur saja,sudah pelupa, BAB ditempat, g hapal org sekeliling..dsb.Dulu menurut saudara-saudara bpk dikira nenek py "semacam jimat" yg zaman dulu byk digunakan agr kuat kerja..dan bhkan ada yg sempet syirik mau ty ke dukun..hiks..tp akhirnya keluarga saya bersikukuh utk merawat dan menolak aksi kedukun2 segala.alhmadulillah saudara bpk pd nurut..
    dan kl pun takut ada indikasi kena jin,ya coba aja diruqyah..tp ingat juga kondisi fisiknya..kasian juga kl diruqyah..atau coba aja diperdengarkan kaset ruqyah dirumah,kl ada reaksi or indikasi br diruqyah..tp tafadhol,mgkin bisa dibicarakan dgn keluarga gmn baiknya..

    ReplyDelete
  5. Nenek ku 83 tahun masih normal Mas...

    Mungkin bisa dicoba di ruqyah...

    ReplyDelete
  6. melihat gejalanya itu ada 2 kemungkinan

    1. kemungkinan besar gangguan jin, kebetulan saya dekat dengan ustadz2 peruqyah yang minta dbuatkan website, jd serng diskusi dg mereka, dan melihat gejalanya memang gejala bapak antum persis seperti gejala terkena gangguan jin, coba druqyah ke ustadz atau bisa ruqyah sendiri oleh antum pakai ruqyah online yg bisa di download

    2. saat jatuh bisa jadi ada susunan sarafnya yg terganggu, coba periksanya ke dokter saraf ... krn gangguan saraf juga mengakibatkan delusi semacam skyzofren biasanya diikuti dengan sisi paranoid, coba beli lythium obat penenang saraf

    ReplyDelete
  7. Yup, begitulah Mbak Dessy. Di kampung tuh banyak yang umurnya 80-90-an tahun tapi masih bugar.
    Beda banget ma Bapak.
    Insya Allah akan dicoba.

    ReplyDelete
  8. Amiin.. semoga saja bapak bisa membaik kondisinya.
    Kalau tua sih memang iya, tapi dibandingkan orang lain yang lebih tua, rasanya gak wajar deh.

    ReplyDelete
  9. Dulu sih pernah ngopy file2 mp3 ayat2 ruqyah. Dan masih ada di CD.
    Ttg reaksi dan indikasi, itu yg gimana?

    ReplyDelete
  10. Syukron Ukhty.
    Kalau gangguan syaraf insya Allah tidak, soalnya habis jatuh itu gak apa2. Cuma makin lama waktu berjalan, sedikit demi sedikit berkurang dengan cukup drastis :D (bahasanya mbingungi...).

    Halusinasi2 baru muncul belakangan ini.

    Website yg bisa download file2 ruqyah di mana?

    ReplyDelete
  11. Welcome back ukht Ita ^____^.
    Syukron jaziilan atas masukan dan nasehatnya :).
    Insya Allah diusahakan semampunya dan atau .... semaunya.... :D

    ReplyDelete
  12. assalamu'alaykum wr. wb.
    mau urun rembug dhe. kalau dilihat dari gejala-gejalanya, bapak mungkin menderita demensia, yaitu kelainan kronik dari proses mental yang diakibatkan penyakit organik otak. Gejalanya yaitu kemunduran dalam daya ingat, daya tangkap dan perobahan kepribadian, kemunduran dalam kemampuan untuk mengurus diri sendiri, keterbatasan dalam kemampuan fisik serta mengalami disorientasi.
    Apalagi bapak usia sudah >70 th, sedangkan setelah lewat usia 60 tahun, resiko menderita demensia meningkat 2x lipat, setiap pertambahan usia 5 tahun.sebanyak 56,8%lansia menderita demensia.
    Nah, apalagi bapak, punya riwayat jatuh(dulu kepala terbentur ga? sempat pingsan ga?) Trauma pada kepala meningkatkan resiko menderita demensia.
    Walaupun habis jatuh tidak ada kelainan, tapi dampak trauma kepala memang sering muncul setelah sekian lama
    Sudah diperiksakan ke dokter ya? kalau boleh tahu, periksanya meliputi apa aja (selain lab darah, apakah periksa CT scan, EEG/rekam otak?)
    Trus, apakah bapak punya penyakit yanng lain? kencing manis, hipertensi, apakah pernah stroke? karena itu jg meningkatkan resiko. Stress mental (trauma akibat gempa) juga bisa memperburuk kondisi.
    Utk lebih jelas, mungkin panjenengan bisa konsultasi ke dokter Spesialis Saraf.
    Cekap semanten.
    ini ada beberap artikel yang bisa dibaca utk menambah wawasan
    http://www.emedicinehealth.com/dementia_overview/article_em.htm
    http://www.sinarharapan.co.id/iptek/kesehatan/2003/0822/kes2.html
    http://mdopost.com/news/index.php?option=com_content&task=view&id=8056&Itemid=66
    http://www.e-psikologi.com/usia/170602b.htm
    http://www.emedicine.com/neuro/index.shtml

    ReplyDelete
  13. kayaknya, ada susunan syaraf yang keganggu , kak.. dulu pas bekam 2-3 pekan lalu, aku juga diceritain sama yang ngecek hasil iridiologi, katanya, kalo ada tulang belakang yang patah, atau bengkok, bisa berpengaruh pada syaraf otak juga, cz oksigen yang masuk ke otak jadi terhambat, jadi gampang banget lupa, iya, trus, soal jalan yang selen, mungkin pinggang atau bagian tubuh yang lain juga kena, jadi mending sebelum diruqyah, iridiologi dulu, cz biasanya, kalo emang kena gangguan jin, nanti diberi rujukan untuk ruqyah kok... smg cpt sembh..

    ReplyDelete
  14. kemungkinan karena faktor usia juga. terjadi penurunan fungsi syaraf dan organ tubuh, ditambah masalah psikologis juga. allahu a'lam.

    ReplyDelete
  15. mungkin faktor usia lanjut akh....

    semua indra jadi berkurang kemampuannya

    ReplyDelete
  16. Selain usia, kemungkinan besar juga faktor psikologis dan mental. Saya lihat banyak yang usianya sudah di atas 80 pun masih lincah.

    ReplyDelete
  17. mudah2an beliau cepat diberi kesembuhan.

    saran aja akh, selain diruqyah, mungkin bisa juga diperhatikan penjelasannya mbak ninikdwiastuti yang komen dibawah.
    sapa tau ada penjelasan yang logis serta kesembuhan untuk kondisi Bapak...

    ReplyDelete
  18. Nggih... matur nuwun sanget Mbak Ninik ^___^
    Barakallaahu fiik

    Dulu pas jatuh gak sampai pingsan kok.

    ReplyDelete
  19. mohon minta di tanggapi, sudara saya sepertinya terkena gangguan jin dan kondisinya para, sering ngomong sendiri gak berhenti, kondisi bandannya merasa kesakitan terus dan kaya orang lata ada orang ngomong ikut ngomong, tapi matanya gak bisa dibuka. tlong di jawab ya...

    ReplyDelete
  20. @ Aulia: Hmm, ada tanda-tanda lain lagi tdk?
    Coba dibicarakan dgn ustadz (yg valid), mgkn bisa coba utk diruqyah.

    ReplyDelete