Monday, January 26, 2009

Ilmuwan Barat Berbicara Tentang Islam

Oleh: Tim dakwatuna.com

dakwatuna.com - Seorang ilmuwan dari Italia Kenneth Edward George berkata,
“Saya sudah mengkaji dengan sangat teliti agama-agama terdulu dan agama modern dewasa ini. Kesimpulannya adalah bahwa Islam agama langit yang yang benar. Kitab Suci ini mencakup kebutuhan materi dan immateri bagi manusia. Agama ini membentuk akhlak yang baik dan menjaga rohani agar tetap sehat.”

Profesor Inggris Mountaghmiri Watts berkata,
“Apa yang dipaparkan Al Qur’an tentang realitas dan fenomena alam yang sempurna menurut saya adalah di antara kelebihan dan keistimewaan Kitab ini. Yang jelas semua temuan dan ilmu pengatahuan yang didokumentasikan dewasa ini, tidak mampu menandingi Al Qur’an.”

Sejarawan Italia, Brands Johny Burkz mengatakan,
“Kesejahteraan dan kepemimpinan menjauh dari umat Islam dikarenakan mereka tidak mau mengikuti petunjuk Al Qur’an dan mengamalkan hukum dan undang-undang-nya. Padahal sebelumnya sejarah telah mencatat bahwa generasi awal Islam meraih kejayaan, kemenangan, dan kebesaran. Mmusuh-musuh Islam tau rahasia ini, sehingga mereka menyerang dari sisi ini. Ya, kondisi kehidupan umat Islam sekarang ini suram, karena tidak pedulinya umat ini terhadap Kitabnya, bukan karena ada kekurangan dalam Al Qur’an atau Islam secara umum. Yang obyektif adalah tidak benar menganggat sisi negatif dengan menghakimi ajaran Islam yang suci.”

Peneliti Prancis Gul Labum menyeru orang Eropa,
“Wahai manusia, kajilah Al Qur’an secara mendalam, sampai kalian menemukan hakekat kebenarannya, karena setiap ilmu pengetahuan dan seni-budaya yang pernah dicapai oleh bangsa Arab, pondasinya adalah Al Qur’an. Hendaknya setiap penduduk dunia, dari beragam warna dan bahasa mau melihat secara obyektif kondisi dunia zaman awal. Mengkaji lembaran-lembaran ilmu pengetahuan dan penemuan sebelum Islam. Maka kalian akan tahu bahwa ilmu pengetahuan dan penemuan tidak pernah sampai pada penduduk bumi kecuali setelah ditemukan dan disebarluaskan oleh kaum muslimin yang mereka eksplorasi dari Al Qur’an. Ia laksana lautan pengetahuan yang mengalir di jutaan anak sungai. Al Qur’an tetap hidup, dan setiap orang mampu meneguk sejuknya sesuai dengan kesungguhan dan kemampuannya.”

Ahli filsafat dari Prancis, Pranco Mari Pulter, menjelaskan perbedaan antara Injil dan Al Qur’an,
”Kami yakin, jika disodorkan Al Qur’an dan Injil kepada seseorang yang tidak beragama, pasti orang tersebut akan memilih yang pertama, karena Al Qur’an mengetengahkan pemikiran yang cocok dengan akal sehat. Boleh jadi tidak ada undang-undang yang lebih detail tentang masalah perceraian, kecuali undang-undang dan hukum yang telah di gariskan Al Qur’an tentang masalah ini.”

Seorang ilmuwan dari Inggris Fard Ghayum, Guru Besar Universitas London mengatakan,
”Al Qur’an adalah kitab mendunia yang memiliki keistimewaan sastra yang tinggi, yang terjemahnya saja tidak bisa mewakili tingginya sastra aslinya. Karena lagunya berirama khusus, keindahannya mengagumkan, dan pengaruhnya yang luar bisa terhadap yang mendengarkan. Banyak kaum nashrani Arab yang terpengaruh gaya bahasa dan sastranya. Begitu juga kaum orientalis, banyak di antara mereka yang menerima Al Qur’an. Ketika dibacakan Al Qur’an, kami orang-orang Nashrani terpengaruh, laksana sihir yang menembus jiwa kami, kami merasakan ungakapnnya yang indah, hukumnya yang orisinil. Keistimewaan seperti ini yang menjadikan seseorang merasa terpuaskan, dan bahwa Al Qur’an tidak mungkin ada yang mampu menandinginya.”

Knett Grigh, Guru Besar Universitas Cambridge memberi kesaksian,

”Tidak akan mampu seseorang sepanjang empat belas abad yang lalu, sejak diturunkannya Al Qu’ran sampai sekarang ini, yang mampu membuat seperti ayat Al Qur’an, satu ayat sekalipun. Karena Al Qur’an bukan kitab yang dikhususkan untuk zaman tertentu, bahkan Al Qur’an ini alami yang akan terus berlangusng sepanjang zaman. Meskipun dunia dan kehidupan ini berubah, namun setiap manusia memungkinkan menjadikan al Qur’an sebagai pedoman hidupnya. Mengapa Al qur’an lebih unggul dan menjadi pedoman hidup manusia sepanjang masa? Karena Al qur’an mencakup hal-hal yang kecil maupun urusan yang besar. Tidak ada sesuatu yang tidak diatur oleh Al qur’an. Saya yakin, bahwa Al Qur’an mampu mempengaruhi orang Barat, dengan syarat, Al Qur’an dibacakan dengan bahasa aslinya, karena terjemahnya tidak mampu memberi pengaruh kejiwaan dan rohani, berbeda dengan bacaan aslinya yang menggetarkan jiwa, meluluhkan qalbu.” (it/ut)


7 comments:

  1. JKFS (Jazakumullah Khairan For Sharing)

    ReplyDelete
  2. siiip!! sepakat kok.. cz pernah baca ternyata kaidah2 sastra pun ada yang beraal dari al qur'an, seperti saat nabi ibrahim melakukan pencarian hakiki ttg Tuhan itu siapa, sebenarnya ia sedang melakukan monolog dengan diri nya sendiri.

    ReplyDelete
  3. Mau nambahin nih!
    Ernes Gellner (Prof Filsafat di London & Guru Besar Antropologi Sosial di Cambridge).
    “ Kebangkitan umat Islam adalah niscaya, karena umat Islam memiliki potensi yang kuat, syariat Islam (Al Quran & Sunnah), nilai-nilai Islam dll. Ia memenangkan dalam pertarungan ideologis.”

    Jadi sebenarnya yang memenjarakan Islam adalah kaum muslim itu sendiri. Bisa di analisis beberapa penyebabnya. 1. Pemikiran (pemahaman yang parsial tentang Islam), 2. Hati/jiwa (iri/dengki kepada sesama muslim), 3. Perilaku(memenjarakan Islam dalam kerangkeng ruang & waktu).

    Namun sepertinya umat Islam sedang bergeliat menuju kebangkitan, semoga! Menuju impian umat Islam (An-Nuur: 55) :)

    Wallahu’a’lam..

    ReplyDelete
  4. Mau nambahin nih!
    Ernes Gellner (Prof Filsafat di London & Guru Besar Antropologi Sosial di Cambridge).
    “ Kebangkitan umat Islam adalah niscaya, karena umat Islam memiliki potensi yang kuat, syariat Islam (Al Quran & Sunnah), nilai-nilai Islam dll. Ia memenangkan dalam pertarungan ideologis.”

    Jadi sebenarnya yang memenjarakan Islam adalah kaum muslim itu sendiri. Bisa di analisis beberapa penyebabnya. 1. Pemikiran (pemahaman yang parsial tentang Islam), 2. Hati/jiwa (iri/dengki kepada sesama muslim), 3. Perilaku(memenjarakan Islam dalam kerangkeng ruang & waktu).

    Namun sepertinya umat Islam sedang bergeliat menuju kebangkitan, semoga! Menuju impian umat Islam (An-Nuur: 55) 

    Wallahu’a’lam..

    ReplyDelete
  5. Tinggal liat materi tarbiyah: ahwalul muslim al yaum, qadhaya asassiyah dakwah, qadhaya ummah.. dll ^___^

    ReplyDelete
  6. wah..gt yah, tar dah sy tanya sm mb penjelasan detailnya.

    ReplyDelete