Thursday, January 17, 2008

CINTA SEJATI


Oleh : Cahya Herwening


Cinta sejati
Apakah cinta sejati itu?
Tahukah kamu, apakah cinta sejati itu?
Cinta sejati bukanlah ingin memiliki
Cinta sejati bukan pula nafsu untuk menguasai
Apalagi memanfaatkan

Cinta sejati ialah kerelaan memberi, tanpa ingin dibalas
Cinta sejati itu berkorban, tanpa mengharap imbalan
Cinta sejati adalah menjaga, agar yang dicintai tetap dalam kebaikan
Cinta sejati itu tekad melindungi, menjaga, mengasihi, memberi, berkorban
Meski jiwa, maupun nyawa
Demi kemuliaannya

Dan di antara cinta sejati itu ... ada cinta yang menjadi penghulu segala cinta sejati
Sebuah cinta sejati yang benar-benar sejati
Cinta sejati yang hakiki
Apakah cinta yang hakiki itu?
Tahukah kamu apakah cinta yang hakiki itu?
Cintamu kepada Rabb-mu.

[Herwening, Jan '08]



NB:
Jika belum bisa mengerti maksud puisi di atas, silakan baca 3 baris terakhir. :D
3 baris itulah intinya.
Cinta sejati yang benar-benar sejati ya cinta kepada Rabb (Tuhan).

98 comments:

  1. Tuhan berikanlah kami
    Cinta yang Baik Hati
    Yang bisa menerima ku
    Apa adanya

    ReplyDelete
  2. nulis tentang cinta juga dia :p

    ReplyDelete
  3. akhirnya di sharing juga tulisan ini...

    ReplyDelete
  4. Cinta sejati bukanlah rasa ingin memiliki
    Cinta sejati bukanlah rasa ingin menguasai
    Cinta sejati bukanlah rasa ingin memanfaatkan

    Cinta sejati adalah rasa ingin menjaga
    Cinta sejati adalah rasa ingin memberi, tanpa berharap balas
    Cinta sejati adalah rasa ingin berkorban, meski nyawa

    Cinta sejati akan memberimu energi
    Cinta sejati akan membuatmu tak kenal lelah
    Cinta sejati akan membuatmu hidup
    Cinta sejati akan membuatmu berkobar
    Cinta sejati akan membuatmu yakin
    bahwa kau bisa melakukan apapun

    (ternyata agak beda ...^___^

    ReplyDelete
  5. Memang agak beda.... bedang banget malah!! ...weks... ;))

    ReplyDelete
  6. hehehhe..iye-iye...cuma intinya kan sama cinta sejati :P

    ReplyDelete
  7. Emang kenapa Mon? Nggak boleh ya??

    Hmm... buat info aja... temen2 di 'forum lingkaran' saya dan adik2 TPA di tempat KKN dulu pernah menyebut saya: "ustadz cinta" lho... he... he...he...

    ReplyDelete
  8. Intinya sama.. tapi kan tulisannya beda ... wek... :P

    ReplyDelete
  9. Hmm... mungkin sih....
    Tapi yang jelas.. saya sering jadi konsultan masalah cinta ... he...he..he.. :)

    ReplyDelete
  10. gak tuh ..gak berasa...lah wong yang jatuh kucing tetangga ..wkekekekeke

    ReplyDelete
  11. 'kalah' buat ustadz cinta yah gak pa-pa ..namanya kalah terhornat...hihihihi

    ReplyDelete
  12. yee..kalahnya kan dalam tanda kutip ..weekkkk...picnya ganti biar gak disangka ukhtey lagi ya...;-))

    ReplyDelete
  13. Trus kata dlm tanda kutip tuh maksud yg sebenarnya apa?
    Disangka ukhty gpp, kan justru bisa menyamar dan menyusup... he...he..he...

    ReplyDelete
  14. yee..maunya tuh nyusup2...ck ck ck...gak inget sama anak dan istri di rumah..wkekekeke

    ReplyDelete
  15. yee..maunya tuh..nyusup2...ck ck ck gak inget sama anak dan istri di rumah...??wkekeke :-P

    ReplyDelete
  16. mmm... puisiya terinspirasi dari quran surat alqori'ah ya... hihihi... ;))

    ReplyDelete
  17. Wah.... yup, betul sekali!! He..he... akhirnya ada yang tahu juga ya... :))

    ReplyDelete
  18. ooo..anak dan istrimu tikus ma kucing..ck ck ck ..
    (Huzz jangan ngawur ah...)

    ReplyDelete
  19. Yg di rumah maksudnya... Ya kan mereka pada di rumah?
    Klo anak beneran sih... blm punya. Lha wong istri aja blm ada... Ada yg mau daftar? :P

    ReplyDelete
  20. eleh-eleh si akang teh promosiin dirinya ...hayo..hayoo..buruan daftar ..jangan sampe ketinggalan..gratis gak pake biaya tambahan apapun..;-))

    ReplyDelete
  21. sepakat!
    mau tanya nih ma pakar cinta, "lebih dulu mana, cinta atau taqwa? cinta berbuah amal atau amal berbuah cinta (cinta kepada sang pemilik cinta, Alloh azza wa jallla-pen)????" dijawab ya pak ninja....jazakumullah khairan..

    ReplyDelete
  22. Cinta kepada Allah Tabaraka wa ta'ala merupakan inti dari keimanan. Keimanan itu sendiri adalah meyakini dalam hati, mengikrarkan dengan lisan dan mengamalkan dlm perbuatan melalui anggota tubuh. Maka cinta dan amal adalah bagian dari iman itu sendiri.

    Antara cinta dan amal, tentu awalnya lebih didahului cinta. Karena amal-amal yang dilakukan hendaknya berlandaskan cinta itu, jika tidak maka amal-amal itu terlaksana tanpa makna. Juga bisa jadi akan salah orientasi.
    Cinta yang benar, tentu akan melahirkan amal. Tanpa amal yang konkrit dan riil, maka cinta itu diragukan apakah itu benar cinta atau bukan. Tidak akan sempurnalah cinta itu.
    Makin besar cinta seseorang, maka makin berkualitas dan berkuantitas pula amalnya.

    Sebaliknya, amal pun akan memberikan pengaruh pada cinta itu. Dengan beramal, cinta itu akan semakin besarlah. Semakin tinggi amal maka semakin besar pula cinta itu.
    Menurut saya, keduanya bagai mata rantai yang tidak terputus, seperti dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Saling mempengaruhi dan saling menguatkan.
    Wallahu a'lam....

    ReplyDelete
  23. Boleh tanya lebih banyak ga tentang cinta?

    ReplyDelete
  24. kok kayaknya antum tuh jago bgt maslah ini(cinta ), tp bkn ustadz cinta kan..?

    ReplyDelete
  25. Wah... Anti nggak tau ya... temen2 'lingkaran' sy dulu pernah menyebut sy ustadz cinta. Adik2 TPA pas KKN juga.... hehehe...

    ReplyDelete
  26. oo... ini ya? hmmm... no comment.

    ReplyDelete
  27. cinta...cinta

    cinta adalah isi bolpoint :P

    ReplyDelete
  28. lho..kok isi bolpoint..cinta itu yg g bisa lihat itu lho...*nyengir.com

    ReplyDelete
  29. haaaa ?? setan dunk ? kwkwkwkwkwkwkwk

    *kaboooor*

    ReplyDelete
  30. eiiiiiits, gak kena

    nanananananana

    *ti, kok kita chat disini ? yang punya gak marah nih? :D*

    ReplyDelete
  31. yg py lagi i'tikaf..biarain marah..masak puasa marah2 nanti pahalanya berkurang..
    Yang py rumah, numpang chat ya..blehkan?
    *boleh..eh kyknya saya dger jwban boleh tuh..dr hantu atau yg py ya..

    ReplyDelete
  32. kwkwkwkwkwk

    "mas ninja, numpang chat disini ya"
    "ooo bolee bolee"
    "gratiss ya"
    "iyaa gratis, dimenit pertama, menit ke 30 tarif chatnya balik lagi ke awal ya"
    "............."

    ReplyDelete
  33. kyak assistennya aja...
    wah akh ninja ada yg jadi assistennya nih spesialis terima honor sewa Site utk Chat,hehe*bercanda..

    ReplyDelete
  34. assalamu'alaikum...
    saya mu tanya jika saya dengan pacar saya benar2 saling mencintai tapi kami tidak bisa menyatu dalam ikatan pernikahan & saya rela ia menikah dengan orang lain tp di sisi lain saya tetap ingin memilikinya...apakah ini bisa disebut cinta sejati???????

    ReplyDelete
  35. Wa'alaykumussalaam wrwb...
    Hmm... silakan dibandingkan sendiri dengan kriteria cinta sejati berikut:
    # Cinta sejati adalah cinta yang ada dalam koridor ketaatan pada Allah swt., karena cinta itu ada dlm rangka memperoleh cinta dan ridho Allah. Ketaatan tsb dlm hal:
    - menjalankan perintah Allah dan Rasul-Nya
    - menjauhi larangan Allah dan Rasul-Nya

    # Cinta sejati antara dua insan lain jenis... pd hakikatnya adalah cinta yg ada pada mereka setelah pernikahan. So .. realisasi cinta itu sudah legal dan halal.. dapet pahala bo!! ^__^

    Wallaahu a'lam.

    ReplyDelete
  36. aq snang tlah mnemukan cinta yg sjti & suci.
    emng rumit utk mndpatkan cinta yg sjti & suci,
    aq ajah pnuh cobaan utk mndpatkn smua itu.

    ReplyDelete
  37. Menyelesaikan masalah cinta gmn seh Menurut Islam????
    Apalagi Jarak Jauh????

    ReplyDelete
  38. Bergantung masalahnya gimana dulu...
    Tiap pilihan metode penyelesaian bisa jadi dipengaruhi oleh jenis masalahnya.

    ReplyDelete
  39. Alhamdulillaah klo gitu. Emang yang kau temukan cinta yg seperti apa?
    Bisakah di-share?

    ReplyDelete
  40. dik... banyak tulis ttg cinta... pas ni blh di bukukan... dah terbit nanti bg tau ya... nak beli... pasti setanding dgn ayat2 cinta kan??? hehehe...

    ReplyDelete
  41. Setanding dgn ayat2 cinta?? Kayaknya masih jauh Kak.
    Tapi sy punya keinginan tuk menandinginya, bahkan melampauinya :).

    Doakan ya Kak, supaya bisa jadi penulis buku..

    ReplyDelete
  42. insyaAllah... akak doakan.. tulisan gak merupakan salah satu dr cabang dakwah..

    kawan akak semua ada buku ayat2 cinta..

    pas ni buku adik lak..

    ReplyDelete
  43. ^__^ Yup, ingin berkecimpung juga dalam dakwah bil qalam.
    Doakan saya dan support saya Kak :) Hehe

    ReplyDelete
  44. Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking ( http://bookmarking.kombes.com ), Saat ini hampir 15.000 member kami akan vote tulisan anda, bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda serta berbagi informasi dengan member Kombes.Com lainnya!



    Salam hormat
    http://kombes.Com

    ReplyDelete
  45. cnt sejati????
    apa semua itu????
    percuma hanya dg ucapan...
    cnt sejati adalah cnt yg penuh dengan cobaan...
    cnt yang pernh dikhianati...

    ReplyDelete
  46. hei....tuntun lah aqu tuk tetap istiqamah,dan menyadari semua

    ReplyDelete
  47. dengarkanlah suara hatiq wahai pujaan hatiku........

    ReplyDelete
  48. @ 0070011: Ummmm aaaaa apa?


    @ myelectricaldiary: Makassiiih.. ^.^

    ReplyDelete
  49. Pengen deh dapetin cinta sejati itu...ohw..sang pengarti cinta...apakah aku bisa mendapatkan cinta sejati itu.....?? akupun masih bertanya...!!!

    ReplyDelete
  50. Kadang cinta itu sakit.. Cinta itu indah…… Kadang patah hati, gembira…….. Tanpa cinta sejati kehidupan asmara lenyap…. Kini… Cinta sejati nan jujur…. Bagai permata hati……… Keajaiban cinta menjelma kian hangat………. Memberikan secercah harapan nyata….. Berikan senyuman tulus untuk sang kekasih hati…… Genggam erat tangannya……… Raih kebahagiaan………. selamanya…………

    ReplyDelete
  51. Cinta...satu kata yang dapat didefinisikan oleh semua orang Cinta...bisa mengubah warna kehidupan setiap orang yang sedang merasakannya Cinta...akan terasa indah bila kita bisa menyikapinya, terkadang duka jika tenggelam karenanya....

    ReplyDelete
  52. tapi kenapa cinta itu terkadang menyakitkan bagi seseorang yang rela memberikan cinta yang tulus demi kepada orang lain padahal dia menyedari bahwa cinta itu hanya akan menyakiti dirinya sendiri dan orang lain........??????????? bukankah cinta itu diciptakan untuk sebuah kebahagiaan bukan untuk sebuah kesulitan yang tiada akhir dan batas perihnya.....?????????????
    selama manusia masih ada di dunia, tidak akan ada seorang pun yang akan mendapatkan ataupun merasakan cinta sejati yang sebenarnya.........!!!! karena manusia mempunyai sifat yang serakah dan tidak akan pernah memiliki kepuasaan atas apa yang dimilikinya....
    cinta yang ada didunia bukan cinta sejati tetapi cinta sementara........ tidak akan adas seorang pun yang bisa pungkiri atas kekurangan cinta.........

    ReplyDelete
  53. kenapa cinta harus didasari dengan sifat iklas...??? bukankah kita sudah tau bahwa cinta hanya akan memberikan penderitaan yang akan membuat kita menjadi terpuruk dan terjatuh.......???
    cinta sesama manusia itu menyimpan ratusan kata dusta, beribu kebohongan, berjuta penghinaan, dan segudang penderitaan.........

    ReplyDelete
  54. cinta ialah kerelaan memberi , tAnPa iNgIn d'bAlAz CiNtA SJtiiTu berkorban......
    tAnPA MeNgHrP ImBaLaN cintA SeJtI AdAlH MeNjGa

    ReplyDelete
  55. banyak hang punyer ayat2 cinta!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  56. sebenarnya setiap orng tu berbda pengertiannay tentang cinta,,
    cinta adalah satu masalah yng tidak akan dapat di pecahkan oleh siapapun karna seperti apa yang telah di sebutkan di atas, tapi biarlah aq mnulis sedikit tentang cinta menurut persi aq!!!!!!!!
    "cinta"????
    cinta sejati merupakan suatu ikatan di mana seorang laki-laki dan wanita menjalin suatu ikatan yang di dalam ikatan tersebut si lalaki harus sedia berkorban untuk pasanganya, pangertian, saling menyayangi,dapat menerima kekurangan masing-masing, n masih bnyak lagi hal-hal yng bisa di buktikan tentang adanya cinta,,,
    cinta bisa di rasakan dngan perbuatan pasangan kita sama kita bisa juga parasaan atau parhatan dia sama kita,,,,,,yang ter penting kata cinta itu tidak akan habis sampai kapan pun!dia akan selalu ada di setiap hati dan pikiran manusia,,,,,,

    ReplyDelete
  57. I agree it.
    I admire it.
    It looks easy, but
    very meaningful.

    ReplyDelete
  58. pada dasarnya cinta adalah kamuflase, cinta merupakan relasi kuasa dimana hubungan2 yang dijalin dlm mekanisme cinta adalah mekanisme untuk saling menguasai antara satu pihak kepada pihak lain yang didasari motif2 kepentingan dibaliknya. Motif yang paling sederhana adalah karena menginginkan harta dan kenikmatan seksual. Motif-motif inilah yang sesungguhnya eksis.

    Contoh lain bahwa di balik “panggung depan” cinta ada sebuah backstage yang dipenuhi motif-motif kepentingan adalah evolusi dari cinta itu sendiri, yang mana pada titik tertentu mengalami perubahan (bagi beberapa orang perubahan ini dikatakan sebagai peningkatan, bagi yang lain adalah degradasi), yaitu evolusi cinta menjadi tugas, tugas untuk memenuhi hak dan menjalankan kewajiban, dan perubahan ini bukan hanya pada “kostum”-nya saja tapi juga diiringi dinamika perubahan pada pola kepentingan-kepentingan menuju lebih kompleks; seperti nafkah dan perlindungan.

    Tapi kenapa salah satu bentuk relasi kuasa yang dinamakan cinta ini tidak pernah berhenti digemari? karena kuasa cinta telah menguasai dan mendisiplinkan jiwa dan raga seorang pencinta, sehingga mereka terjangkit dan sakit namun tak ingin diobati dan disembuhkan.

    ReplyDelete
  59. Cinta sejati itu hnya Untuk Allah...........

    ReplyDelete
  60. Cinta ini Cinta yang terluka
    cinta yg buatku bertahan
    huft
    cinta pertama n trkhir ku~
    knp si wa d duain sm "dia"
    wa kcwa bgt sm dia
    huft
    CINTA ITU PALSU~

    ReplyDelete
  61. Wah...
    banyak sekali ya yang kometar.
    Maaf tidak pernah terespons karena lama sekali tidak login blog saya ini
    :(

    ReplyDelete
  62. o cinta itu ternyata bingungin ya kakak kakak, aku gak tahu apa tu cinta?,

    ReplyDelete
  63. haha......
    aku baru putus cinta nich, , , ,
    ada yang mau ganti aga ya

    ReplyDelete
  64. haha......
    aku baru putus cinta nich, , , ,
    ada yang mau ganti aga ya

    ReplyDelete
  65. respons'y dong kak,, buat komentar komentar yg belum terrespons...
    soalnya cinta itu rumit skli,,
    seandainya semua umat manusia mencintai dengan berlandaskan agama,,
    cinta takkan jadi serumit ini,,
    cinta bisa jd lbh indah..
    seindah islam..
    tapi kenyataannya,, banyak manusia yang jauh dari agama dan buta akan dunia,,
    mereka mereka itulah yang membuat cinta keruh..

    ReplyDelete
  66. @ shironara: yg perlu direspon yg mana? :P

    ReplyDelete
  67. Jawabannya kan sudah ada di puisi tersebut? ^^
    Cinta sejati ya cintanya makhluk kepada Tuhannya, atau sebaliknya. :)

    ReplyDelete
  68. apakah cinta harus merelakan walaupun itu kesalahan dia, sampai kita geram dngan tingkhnya.dn kita berkata lbh baik cukup disini hub kita..dalam hati tpi berkta lain,tk ingin khlngn dia.susah di tebak cinta harus seperti apa/bgaimana menjalaninya?????
    berat rasanya meninggalkn n mnjauhi orng yg qta syngi.

    ReplyDelete
  69. ya kalau gak cocok ya cari yg lain yg lebih baik, insya Allah masih banyak ^^

    ReplyDelete