Monday, February 11, 2008

SIRUP ASAM JAWA


Oleh : Cahya Herwening


Description:
Seperti sebelumnya, ini juga resep yang diberikan saat pelatihan di KKN saya. Di lokasi juga banyak pohon asam lho...
Hmm... setelah dibuat, sirup asam ini rasanya...mmm...mak nyus (kalau disajikan dingin ^_^). Seger tenan...
Tapi ya itu... cukup boros gula pasir! :D Cara membuat sirup dari buah lain juga mirip kok.

Ingredients:
Bahan :
Asam Jawa, Gula pasir, Air

Alat :
Baskom, Panci, Kompor, Penyaring, Gelas, Sendok

Directions:
1. Rebus 3-5 ons asam jawa dalam 2 gelas air, kemudian saring dan ambil airnya. Dari proses ini diperoleh sari (ekstrak) asam jawa.
2. Panaskan 1 kg gula pasir ditambah 1,5 air, lalu tambahkan sari asam jawa di atas.
3. Aduk hingga mendidih dan kental.
4. Angkat lalu dikemas. (Pengemasan dalam botol sama dengan cara pengemasan manisan dalam botol, agar tingkat keawetan lebih baik).

8 comments:

  1. hehehe...udah punya resepnya...(tapi lom sempat di coba :D )
    tampilan baru euy...ichiban?kayak nama coklat aja ...hihihihi ^__^ v

    ReplyDelete
  2. di depan GSP banyak yang jual :D

    ReplyDelete
  3. Ya dicoba dong! Iya ya, spt nama coklat ya...biar pada pengen! ^_^

    ReplyDelete
  4. Ya dicoba dong! Iya ya, spt nama coklat ya...biar pada pengen! ^_^

    ReplyDelete
  5. Itu mah... es gula asem Mon!
    Klo yang ini ... sirup asem.. kayak sirup ABC or marjan itu lho... cm rasanya rasa asem Jowo ^_^

    ReplyDelete
  6. wah..jangan gitu dunks...sekarang udah jarang yang jual coklat ichiban..terakhir kali makan waktu smp. -_-

    ReplyDelete
  7. kalo ini saya suka. yummy...mau nyoba ahh...
    kalau dirumah biasa bikin pake gula merah.

    ReplyDelete
  8. Kalau yang itu (pakai gula merah) yang belum saya coba. Sepertinya akan lebih enak... dan pasti khasiatnya buat kesehatan lebih bagus..:)

    ReplyDelete