Wednesday, April 2, 2008

[Intermezo] Chat yang Lumayan 'Lucu'

He...he...he... Masih ingat postingan saya tentang salah hal yang sering saya alami, yakni sering dikira cewek/akhwat? Nah... berikut ini salah satu chat yang saya alami, beberapa saat yang lalu (dah cukup lama) melalui YM. ID si ikhwan saya samarkan/ganti aja ya... biar beliau gak malu kalau kebetulan baca ini (meski kemungkinannya kecil banget..hehehe...). Tapi, salah dia juga kenapa sok tahu klo saya akhwat dan berani PM saya. Wah.. saat itu saya merasakan 'jadi akhwat' tuh.... Lucu juga ... Hahaha....

Baca aja dulu ya, nih silakan:

[Si Ikhwan]: Assalamu alaikum..

[Saya]: wa'alaykumussalaam

[Saya]: apa kbr akhy?

[Si Ikhwan]: ana bikhair.

[Si Ikhwan]: kaifahaluki ya ukhti?

[Saya]: alhamdulillah..

[Saya]: antum di mana?

[Si Ikhwan]: di bumi allah

[Si Ikhwan]: anti dimana?

[Saya]: di bumi Allah spesifiknya di mana? kota? lokasi?

[Si Ikhwan]: dibawah langit dan diatas bumi allah karena segala apa yang ada dilangit dan dibumi adalah kepunyaan allah.

[Saya]: itu ana dah tau:(

[Si Ikhwan]: allahamdulilah kalau udah tau

[Si Ikhwan]: kenapa ana pake gitu karena ana hanya ingin semuanya kembali kepada allah.

[Si Ikhwan]: anti dimana?

[Saya]: tlng tulisan Allah pke kapital "A"

[Saya]: ana juga di bumi Allah klo gitu

[Si Ikhwan]: na'am. Allah Azza wajalla.

[Si Ikhwan]: ana pernah dapat masukan terkait dengan tulisan Allah. kalau dikaji tuhan nashoroniyyun itu tulisannya juga Allah pake A besar.

[Si Ikhwan]: jadi kayaknya lebih aman pake akhiran SWT atau Azza wajallla

[Si Ikhwan]: apa ini aktivitas dakwah anti? sepertinya aktivis ya?

[Si Ikhwan]: walakin kaif?

[Saya]: kata siapa?

[Si Ikhwan]: kata guru ana.

[Saya]: guru siapa?

[Si Ikhwan]: ustadhi ( guru ana) waktu masih sekolah

[Si Ikhwan]: terus ada juga yang menggunakan 4JJI ( for Jesus n Judas of Isa). dulu ana juga pake 4JJI terus ana juga pernah dapat masukan akhirnya ana ganti 4WI. gitu.

[Si Ikhwan]: Jadi Syukron atas pelurusannya. walakin kaif?

[Si Ikhwan]: afwan kok diam /

[Saya]: maksud sy kata siapa yg sy tuh aktivis?

[Si Ikhwan]: anti kan pake kata ana, antum. itu kata-kata yang sering digunakan.

[Saya]: gak mesti jg kan

[Si Ikhwan]: sepakat.

[Saya]: antm org mana?

[Si Ikhwan]: tapi kalau masyarakat awam kan gk. biasanya pakenya anta (kamu) bukan antum (kalian laki-laki).

[Si Ikhwan]: ana orang jawa n anti orang mana?

[Si Ikhwan]: walakin kaif?

[Saya]: sy blm bisa bhs arab. afwan

[Si Ikhwan]: gk pa2. anti ornag mana?

[Saya]: jawa jg

[Si Ikhwan]: :(

[Si Ikhwan]: kok sama terus.

[Saya]: lha gmn, antm aja gak niat jwbnya

[Si Ikhwan]: gk kok. ana udah niat jawabnya. kalau gk kan gk ada jawaban.

[Si Ikhwan]: bener gk?

[Saya]: gak juga. jawab sekenanya jg gak niat namanya

[Si Ikhwan]: kan....Innamal a'malu binniat. wainnama likullimriimmanawa.. ya tho?

[Saya]: lha.. trus niat antum PM sy apa..?

[Si Ikhwan]: silaturahim..

[Saya]: perlu kenalan gak?

[Si Ikhwan]: boleh tafadholi duluan..

[Saya]: ya yg PM pertama kali yg mengenalkan diri

[Si Ikhwan]: ana lebih ahsan ke anti dulu..tafadholi gk pa2

[Saya]: klo gitu gak usah aja...

[Saya]: antm tu egois ya

[Saya]: hati2 klo punya istri nanti

[Si Ikhwan]: astaghfirullah...

[Si Ikhwan]: ana tidak bermakdus begitu.

[Si Ikhwan]: Innallahamaashshobirin...

[Si Ikhwan]: anti pengen kenal ana bener?

[Saya]: gak jg, tp minimal tau lah

[Si Ikhwan]: afwan ya kalau kata-kata ana menyinggung hati seorang akhwat. tapi ikhwan harus bersikap dewasa. ketika sang istri sedih pun suami harus bisa menjadi tempat pengayom. Qurrota a'yun

[Si Ikhwan]: la tahzan ya...Ismi Abdullah

[Si Ikhwan]: anti siapa?

[Si Ikhwan]: ukh, sebenarnya ana terus gk enak sama anti tadi. ana tau psikologis akhwat kan perasaan lebih mendominasi. jadi sekali lagi afwan ya ?

[Saya]: sok tau antum

[Si Ikhwan]: Allah maha mengetahui isi hati kan?

[Si Ikhwan]: bener gak kalau akwat perasaan lebih mendominasi?

[Saya]: gak mesti.

[Si Ikhwan]: masak, bukan kan akhwat lebih sensitif ?

[Saya]: gak mesti. banyak ikhwan yg sensitif jg

[Si Ikhwan]: tapi tidak sesensitif para akhwat.

[Si Ikhwan]: teman ana yang akhwat pernah bilang demikian maupun yang ikhwan.

[Saya]: ok

[Si Ikhwan]: nah, gitu baru saudara seiman.

[Si Ikhwan]: anti sudah nikah belum ?

[Si Ikhwan]: kalau belum semga Allah SWT memberikan keberkahan kepada anti mendapatkan suami yang bisa mengayomi, sabar dan yang yang penting beriman kepada Allah SWT dan para Rasulullah.

[Si Ikhwan]: ]kalau sudah, bahagiakan sang suami dan semoga menjadi keluarga yang sakinah sehingga keluarga bagaikan surga didunia. Rumahku Surgaku...amiinn.

[Si Ikhwan]: Sudah /belum?

[Saya]: blm

[Si Ikhwan]: subhanallah.. semoga tetap sabar ya.

[Si Ikhwan]: sebenarnya menikah atau belum menikah itu bukan masalah.

[Saya]: hmm..

[Si Ikhwan]: buat apa cepetan menikah kalau ternyata keluarkan kita ternyata justru menimbulkan banyak masalah. mending sabar dan tetap berdoa semoga Allah SWT memberikan yang terbaik menurut Allah SWt

[Si Ikhwan]: ana boleh berpesan?

[Saya]: apa?

[Si Ikhwan]: Orang yang baik akan mendapatkan orang yang baik dan orang yang jahat akan mendapatkan orang yang jahat. jadi hal yang terpenting adalah bagaimana kita bisa meningkatkan kualitas diri kita kalau kita pengen dapat yang terbaik buat kita.

[Si Ikhwan]: Dan saat ini kita jangan terlalu memikirkan tentang pernikahan kita tapi yang terpenting adlah mempersiapkan diri kita untuk menikah.

[Saya]: hmm...

[Si Ikhwan]: gantian ana dikasih nasehat ya? ana juga belum menikah tapi lagi mempersiapkan diri untuk menikah.

[Saya]: antm dah siap blm?

[Si Ikhwan]: kenapa?

[Si Ikhwan]: kalau siap gimana? dan kalau belum gimana?

[Saya]: lha sdh siap blm?

[Si Ikhwan]: ana jadi bingung. kalau siap gimana?

[Saya]: mau gak segera nikah?

[Si Ikhwan]: kok pertanyaannya gitu?

[Saya]: kenapa?

[Si Ikhwan]: supaya ana punya pilihan...kalau jwbnya satu kan gk da pilihan

[Si Ikhwan]: gimana kalau sudah? dan  gimana kalau belum? kan ana tanya td juga gitu sudah/belum? ana mencoba kasih pilihan

[Si Ikhwan]: Assalamu alaikum ? kok diam ukh.

[Si Ikhwan]: gmana ukh..ana belum sarapan ni. kalau jawabnya lama ana sig out aja ya?

[Saya]: ya silakan sign out aja

[Si Ikhwan]: ya syukron.. dah laper ni:( belum ada yang masakin.

[Si Ikhwan]: Wassalamu'alaikum

[Saya]: wa'alaykumussalaam


Gimana? Sudah dibaca? Nah ... Dari chat itu saya merasakan agak risih gimanaa gitu... menghadapi orang yang sok tau, terkesan egois, mau menang sendiri.. (misal dalam mengenalkan diri, dia cuma nyebutin Hamba Allah, asalnya di bumi Allah, sedang dia menuntut saya untuk benar-benar mengenalkan diri...). Ugghh...
Apa perasaan akhwat klo menghadapi orang seperti itu (meski ikhwan) juga sama ya? Nggak tau.. mungkin beda karena karakter natural saya jelas saja beda dengan akhwat.
Saya kan ikhwan!!

Gimana, ada tanggapan? [ ]

56 comments:

  1. jadi malu.... xixixixi... dulu jg sy kirain akhi... akhwat.... :(((

    ReplyDelete
  2. Kalau menghadapi ikhwan seperti itu, yaa ditinggal aja. Itu namanya curang!
    Mau tahu data orang, tapi dia sendiri tidak mau diketahui.

    ReplyDelete
  3. *sambil senyum-senyum*

    si ikhwan ini terlalu jelas tebar pesonanya. tapi sok jaim dan sok tau.
    xixixixi.....
    akhwatnya judes juga.
    biasanya tipe akhwat gini malah bikin penasaran.
    btw, karakter akhwatnya cukup menjiwai. hohoho....bisa nyamar terus nih.

    ReplyDelete
  4. Nggak usah malu lah.. Teh Dewi... banyak temennya kok ^_^

    ReplyDelete
  5. ^_^ .. Iya Mbak ... saya sendiri aja saat mbaca itu lagi juga ketawa =D

    Si ikhwan itu kayak gitu... ngak tau tuh. Ngeselin!
    Akhwatnya judes?? =D Hehehe... sedang suntuk/mangkel aja saat itu.

    Wah, cukup menjiwai kah?? Jadi dah cukup sukses menyamar ya? Wah nanti bisa diterusin dong.. :D

    ReplyDelete
  6. Iya tuh, pengen tahu data akhwat tapi dia sendiri nggak mau ngasih. Apalagi adab berbisara/chatting, yang ngajak bicara duluan harusnya yg ngenalkan diri terlebih dahulu.
    Mau ditinggal... ah sayang. Mending dikerjain aja sekalian! =D
    Xixixixixi......

    ReplyDelete
  7. ^_^ lucu juga
    curang banget ya ikhwannya, masa dia mau mengenal si akhwat, tapi dianya sendiri menyembunyikan identitasnya, dan memang sok tau ya...:))
    sudah cukup menjiwai sebagai akhwat ^_^
    memang harus gitu kali ya menghadapi ikhwan seperti itu :D

    ReplyDelete
  8. Harusnya Cahya membetulkan panggilan ini. Kalau sejak awal dikoreksi, tentu dia akan ga terlalu banyak salah omong..

    Menegur si ikhwan (karena ucapan2nya yg gak dapat dibenarkan), adalah kemestian. Biar dia hati2 dalam mengungkapkan sesuatu..

    ReplyDelete
  9. ampun deh, mz cahya jail banget si?
    lagan saya jadi berpikir...untuk jaga2 mending siapapun yang berstatus ikhwan/akhwat ga usah sembarangan chat...ya mending chat tuh ama orang yang dah dikenal
    setuju?

    ReplyDelete
  10. Jail gimana ... wong yg di sini nggak menyengaja kok...
    Wah, susulannya boleh juga tuh. Hati-hati chat dengan yang belum kenal!!

    BTW, klo yg ada di atas, klo gak salah ingat itu bukan pertama chat dgn beliau.

    ReplyDelete
  11. ^_^ Wah.. iya Bu.
    BTW, kalau gak salah ingat, dulu itu beliau dah tahu klo saya ikhwan. Ee... lha kok kemudian jd gitu. Mgkn lupa sih.. tapi...

    ReplyDelete
  12. Hehehe... bisa saja... Tapi ninja harus pintar menyamar ^o^.
    Ya.. sekali-sekali pengen uji coba nyari cara menghadapi bbrp tipe ikhwan :)

    ReplyDelete
  13. udah..... udah..... shiro...shiro.... dari awal ana kenal antum emang dah geli duluan..... inget kan..... apalagi hal itu ternyata emang sering antum alami, kaya dua tulisan antum di blog, buatku "semua tak seperti kelihatannya" wanita yang berjilbab lebarpun, kadang akhlaqnya mengecewakan, tinggal gimana kita menyikapinya aja.. malah bisa buat ngerjain orang tuh akh.....

    ReplyDelete
  14. Itu kadang memang terjadi... atau mungkin malah sering!!

    ReplyDelete
  15. *bacany sambil senyum2 :D
    mas nih usil amat sih..kok g dr awal dlurusin gt lho? kan kasian tuh ikhwannya.. emang sih sok teu tp kn kasian aj.. ^_^

    ReplyDelete
  16. ck ck ck ...si akhwatnya jutek banget...
    *tapi emank sih akhir2 neh ...suka gitu kalo YM-an..hikz hikz*

    ReplyDelete
  17. hahaha...lucu banget obrolannya...
    kalo aku sebagai seorang akhwat sih biasanya BT kalo ada orang ditanya balik nanya..sebaiknya jawab dulu baru nanya lagi..apalagi kalo orangnya serba ngga terbuka gitu..

    ReplyDelete
  18. Maksudnya apa nih .... Di depan rumah saya banyak batu lho...

    ReplyDelete
  19. Hmm ... bukankah yang usil yang ngajak ngomong saya? Yang jadi korban makan hati kan saya... :))

    ReplyDelete
  20. kalau saya ;
    1. membiarkan orang tetap dalam posisi seperti diatas (salah tanggap), bukan sesuatu yang bijak, lebih baik diluruskan kan?
    2. menutupi aib orang lain yang tidak dibukakan Alloh, akan jauh lebih baik kan? saya kurang sepakat dengan pemaparan penuh isi chat yang bisa jadi adalah aib bagi ikhwan tersebut.
    3. masih ada aja ya, yang ngira akhwat?jadi bingung, kenapa saya dulu enggak ya :)

    ReplyDelete
  21. tanggapan:
    1. insya Allah lain kali diluruskan. Kecuali sedang ada tujuan lain (on mission) yg bukan tujuan kedhzoliman. ^_^
    2. nah, tentang aib, apa sebenarnya definisi aib itu?
    Untuk mengantisipasi itu (membuka aib), kan ID ikhwannya sudah dirahasiakan. Jadi, tidak akan ada orang lain yg tahu selain saya dan ikhwan itu.
    BTW, insya Allah pemuatan itu ada tujuan lain, yakni:
    MEMBERI PERINGATAN/PELAJARAN BAGI PARA IKHWAN UNTUK:
    1. JANGAN SOK TAHU,
    2. JANGAN SOK PERHATIAN,
    3. NGGAK USAH TEBAR PESONA,
    4. Dll.
    KEPADA PARA AKHWAT...
    (Ini juga mengingatkan diri sendiri.....).

    BTW, syukron Mon, atas nasehatnya... :)

    ReplyDelete
  22. Jutek biarin. Semua ada tujuannya... Tenang aja...

    ReplyDelete
  23. Yahh... begitulah.. semua hendaknya diambil sebagai pelajaran.
    Bukankah begitu, Mbak Pemikur Ulung? ^_^

    ReplyDelete
  24. ya ya ya...ninja kan pasti harus punya tujuan...

    ReplyDelete
  25. hhihhihiihi lucu...
    persis akhwat!!! perannya bagus.. pinter, pinter.. wahahahaaa lucu!!!!!!!
    lah,, kalau bapak sering disangka akhwat, sedangkn sy sring disangka ikhwan hahha..

    ReplyDelete
  26. Eehmmm...ternyata adek yang satu ini paling pinter ngerjain orang, tapi gpp lah...ikhwan kan juga rijal, jadi yaaa gitu deeh banyak juga ikhwan yang suka TE PE-TE PE....kapan baca dan kasih koment di blog ku lagi?

    ReplyDelete
  27. Hmm.. sepertinya pernah nemu yg seperti itu di guestbook-nya Rakhma ^_^

    ReplyDelete
  28. BTW, saya tuh kuliah di fakultas TP ... jadi mungkin sy juga yang termasuk suka TP-TP =D...
    Ini segera mbaca dan berusaha comment di blog Mbak Titi ^_^

    ReplyDelete
  29. ck..ck...ternyata punya bakat usil bin jail juga ya!
    pertama kenal pak ninja, ane juga sempet bingung..ni akhwat ato ikhwan ya?
    sempet ga d jawab beberapa kali waktu ane tanya....yaah, ane kira sih, akhwat...tapi untungnya ngaku juga kalo ikhwan...kalo nggak, ane jadi korban ke sekian penipuan pak ninja dunk...!!
    saran ane, pak ninja segera taubat deh...semoga Alloh mengampuni_amin!

    ReplyDelete
  30. Masak sih?? Wong sy segera ngaku kok ... seingat sy lho!! Di sini nggak ada yg bermaksud menipu. Sama sekali tidak...

    Iya... tobat...tobat... Amiin... semoga diampuni Allah...

    ReplyDelete
  31. ternyata bahaya juga yaa cathingan sama ikhwan:) chatingan pertama aja dah nyebut-nyebut nikah.

    ReplyDelete
  32. Ukhti shalihah....ternyata bukan ukhti? Haaaa...!!!

    ReplyDelete
  33. kekekeke...untung baca ini jadi tau yang punya blog ikhwan
    untung2 dapet nasehat bagus buat ngingetin diri
    untung3 main ke blog ku dong mas kekekeke

    ReplyDelete
  34. Alhamdulillaah... kalau merasa dapat untung karena mbaca yang ini, jadi gak sia-sia sy bikin nih blog....
    OK, insya ALlah sy akan bertamu deh... :)

    ReplyDelete
  35. lah... sampean juga nanggepin jg toch???? wong ora bener koq diladeni dadi nambah toch sing ora bener'e

    ReplyDelete
  36. haha saya punya log juga semacam ini, bahkan mungkin jauh lebih lucu ... ada ikhwan(bapak2) yg dikira saya oleh seorang ikhwan lain(masih single) yg kemudian ngegombalin bapak2 itu :))

    seru jg kalau dipublish sepertinya, biar ikhwan2 ga ganjen

    ReplyDelete
  37. Ha??? Kok bisa si ikhwan itu mengira bahwa si bapak2 itu Anti?? Aneh juga itu...
    Sepertinya bakal sangat menarik klo dipublish, biar ngasih pelajaran ke para ikhwan ^_^

    ReplyDelete
  38. hehe yaa begitulah kalau ikhwan sotoy :D btw saya heran, knapa ikhwan2 kl di dunia nyata jaim, begitu di internet ganjennya minta ampun :-?

    ReplyDelete
  39. Artinya "sotoy" apa Ukht?
    Hmm.. gak tau juga sih... memang gak sedikit ikhwan klo di dunia maya jadi pada ganjen gitu. Krn responsibility dan resikonya dikit mungkin. Dan bisa menyembunyikan identitas.
    Huh... memang nyebelin!
    Semoga sy gak termasuk yg kayak gitu ....jd ikut malu aku!

    ReplyDelete
  40. sotoy tuh nama makanan yg ada kuahnya pake ayam/babat

    weww g gaul, sotoy = sok tau y :D

    ReplyDelete
  41. Oo.... soto ya? Soto mana?? Soto Makassar ... apa soto Jatim? :P
    Iya nih... gak gaul je... ^_^

    ReplyDelete
  42. waaah... jd inget kata2 ini, dilarang tanya2, kalo blm jawab pertanyaan orang. haram hukumnya!! :D

    ReplyDelete
  43. Emmm... yg pernah berkata-kata seperti itu siapa?
    Ya, kira2 seperti itulah dlm adab berbicara. Hehehe...

    ReplyDelete
  44. wah ane jg srg dikira ikhwan, pdhl nama zukhruf tuh bgiku female..bahkan da group nasyid yg ngira ane tim nasyid zukhruf,he..he..
    truz yg plg prah da akhwat yang ngira ane ikhwan, trus crita2 tntang dirinya&tipe suami yg dicari (nawarin diri ke ane ), he..he..geli jg wktu tuh.
    ya dah trz ane jodohi sm ikhwan nyasar yg sama2 sdg cr istri..tp krn terlanjur malu ia nggak mau tak ta'arufkan ma si ikhwan...pdhl ane berharap bs jdi mak comblang, he..

    ReplyDelete
  45. Haa... he... bisa-bisanya tuh beliaunya langsung ****** aja nggak liat2 dulu...

    Wah...tp kok akhirnya malah malu sendiri... naseeb..naseeb.... =D

    ReplyDelete
  46. bagus buat pembelajaran ikhwan dan akhwat yg lain tuh...biar ati2.. makasih dapat tambah ilmu nih

    ReplyDelete
  47. jadi inget perkataan seorang temen dan beliau akhwat tulen: ana ga mau nikah sama ikhwan, lebih baik sama yg hanif aja. ikhwan sekarang udah ga meng-ikhwan, banyak yg gombal, tepe2, kadang kelakuan ikhwan yg baru(hanf) masih terjaga daripada ikhwan yg udah dari dulu..

    Yang bilang gitu ga cuma seorang, agak mengkhawatirkan juga ya. padahal postingan ini tahun 2009, gimana sekarang yg 2011..

    ReplyDelete
  48. Hmm... gak tau ya Mbak Via.
    Semoga ini hanya kasuistik saja.

    ReplyDelete