Saturday, May 24, 2008

Waspadai Arus Gombalisasi!! [Part 2]


Oleh : Cahya Herwening


Sambungan dari: Waspadai Arus Gombalisasi!! [Part 1]

Adakah Gombal yang Diperbolehkan?
Ada yang bisa jawab pertanyaan itu? He … nyangka nggak, ada lho kegombalan yang diperbolehkan. Eh, emang ada? Gak salah nih?? Hehehe… jangan pada kaget. Banyak yang punya motor kan? Nah, klo bersihin motor dari debu kan biasanya pakai gombal tuh. Gombal amoh malah! (gombal amoh = kain bolong) Jadi kan gombal itu boleh. Ha .. ha.. ha.. ngaco ya! Gak nyambung kalee…

Kegombalan itu analog dengan berbohong, adakalanya berbohong itu diperbolehkan. Misalnya untuk menyelamatkan orang dari kejahatan. Nabi Ibrahim AS pernah berbohong pada penguasa lalim untuk menyelamatkan istrinya dari tangan rakusnya si penguasa terhadap wanita. Gombal begitu juga, ada yang boleh dilakukan. Yang kayak gimana hayo…. Pengen tau kan? ^_^

Kegombalan yang diperbolehkan misalnya gombal pada pasangan hidupnya (istri atau suami) untuk menyenangkannya atau agar tidak membuatnya kecewa. Dari pada dijelaskan, mending kita kasih contoh aja yach … nanti akan ngerti sendiri. Biar lebih simple and jelazz getho…

Sore itu seorang ikhwan pulang dari tempat kerja, dalam kondisi kelaparan karena belum makan siang. Sesampainya di rumah dia meminta istrinya menyiapkan makanan;
 “Dik, aku tadi belum makan siang. Laper banget nih. Tolong siapin makanan untukku ya … istriku sayang…”.

“Ya Mas, kebetulan barusan saya masak masakan kesukaan Mas. Bentar ya Mas..” sahut si istri. Beberapa saat kemudian siaplah di meja makan nasi, sayur dan lauk pauk pelengkapnya. Tak ketinggalan segelas jus mangga terhidang. Segeralah si istri memanggil suaminya, “Mas, itu makanan udah siap di meja. Dinikmati ya Mas, makannya nggak usah terburu-buru…”

“Syukron ya Dik.” Si ikhwan segera bergegas dari duduk santainya menuju ruang makan, sambil menyempatkan menyambar kening istrinya dengan sebuah kecupan yang lembut serta senyuman.

Setelah berdo’a, ikhwan itu segera mulai menyikat makanan yang terhidang. Begitu suapan pertama masuk ke mulut … oopss …ada yang aneh. Dia sejenak diam karena cukup kaget dengan rasa makanannya. Tapi sesaat kemudian meneruskan makan dan terlihat sangat lahap, makanan yang masuk dikunyah sedikit langsung ditelan. Tak berapa lama berselang makanan di piringnya pun ludes tak bersisa. Jus mangga pun segera disikat habis.

Istrinya yang memperhatikannya makan tersenyum, agak terkejut karena tak biasanya suaminya yang lahap makannya itu makan selahap sore itu. Tak ayal pertanyaan terucap dari bibirnya, “Mas, bagaimana masakanku? Mas terlihat lahap sekali tadi.”

Si ikhwan tersenyum, dan menjawab, “Dik, masakanmu hari ini sungguh luar biasa. Spesial banget. Belum pernah aku merasakan masakanmu seluar biasa yang tadi. Aku jadi makin sayang sama Adik.” Senyumnya terkembang. “Dik, aku mandi dulu ya. Gerah nih, dan pastinya bau juga kan?”

Saat si ikhwan mandi, istrinya segera ke belakang. Sejak tadi dia bertanya-tanya, perasaan saat masak dia nggak nambahin sesuatu yang berbeda. Rasanya dia masak seperti biasanya, tapi kok suaminya bilang kalau masakan hari ini spesial. Kata suaminya masakan hari ini luar biasa. Kebetulan saat masak tadi dia nggak mencicipi seperti apa rasanya. Ketika sesendok sayur dicicipinya, kontan tanpa sadar makanan itu termuntahkan lagi. Asiiiiiiiiiiin banget ternyata. Baru sadar dia, saat masak tadi yang dimasukkan bukan gula pasir, tapi garam dapur!! Padahal tadi memasukkan cukup banyak, pantes sebegini asinnya.

Air mata meleleh di pipinya. Ternyata tadi menghidangkan masakan yang super asin kepada suaminya yang kelaparan. Istri macam apa aku ini, pikirnya. Malu sekali rasanya. Lelehan air mata haru pun menderas, mengingat tadi suaminya sama sekali tidak marah. Bahkan tersenyum dan memuji masakannya. Makanannya pun dimakan dengan lahap hingga ludes.

Begitu sang suami keluar dari kamar mandi, istrinya berlari dan memeluknya sambil menangis tersedu-sedu. Si ikhwan jadi bingung, tidak ada apa-apa kok istrinya menangis. “Dik, ada apa sih? Kok menangis gini?” Dia semakin bingung karena istrinya malah menangis semakin tersedu. “Cerita dong Dik, apa Mas ada kesalahan? Kalau begitu Mas minta maaf ya..”

“Bu …kan begitu, .. Mas… hiks…. Justru Adik yang minta maaf .. hiks… ada suami kelaparan malah dikasih masakan super asin kayak gitu… hiks … istri macam apa aku ini. Malu sekali rasanya Mas…. Kenapa Mas tadi nggak bilang kalau masakanku asin begitu?” dia mendongak menatap wajah suaminya.

Wajah teduh sang ikhwan terlihat makin menentramkan dengan sunggingan senyumannya. “Lagi sensitif ya … gini aja nangis? He .. he.. he…,“ ujar ikhwan itu sembari mengusap air mata di pipi istrinya. “Dik, aku paham bahwa kamu telah bekerja keras mengurus rumah dan putra kita hari ini. Aku paham kamu juga lelah. Dan tentu aku memahami bagaimana kamu berusaha membuat masakan kesukaanku itu. Masak aku tega mengecewakanmu? Masak aku tega menyakiti hatimu, cuma karena kau salah mengambil gula? Kalau seperti itu, suami macam apa aku ini, Dik?”

Pecahlah tangis haru dan bahagia si istri, merasa begitu beruntung memperoleh suami yang sangat baik seperti itu. “Mas, beruntung sekali aku mendapat suami sepertimu. Aku sangat mencintaimu, Mas …” “Aku juga Dik, bahagia sekali aku memilikimu sebagai istriku..” sahut si ikhwan.

Hoi! Hoi! Bangun! Jangan ngelamun! Malah jadi ngebayangin kalau punya istri atau suami tuh … hayoo… Terlalu romantis ya?? Hihihihi…. Masih ada contoh kisah yang lain nih .. tapi dah ah… nanti kepanjangan cerita dan jadi ngebayangin macam-macam, jadi pengen mensegerakan untuk…. =D. Pokoknya gitu deh contoh kegombalan yang diperbolehkan, mengatakan masakan yang asin begitu dengan pujian luar biasa untuk menjaga hati istrinya. Jadi .. boleh dong ngegombal, tapi pada orang yang tepat ya!

HIDUP GOMBAL!! LHO?? :D

::Bersambung lagi ke Waspadai Arus Gombalisasi!! [Part 3], tentang kegombalan di kalangan aktivis dakwah ^_^. Okay, stay tune lagi yak!

45 comments:

  1. ehm......
    syukran ^_^
    kayaknya antum raja gombal jg neeeh
    ajarin dong.,....hehehehe

    ReplyDelete
  2. ehm....boleh juga paparanya..kaya yang dah pernah ngrasain aja, cukup hidup sebagai cerita... :)

    ReplyDelete
  3. Hehehe... iya ya Mbak.. sok tau nih saya, padahal blm nikah ^_^
    Mengandalkan imajinasi aja tuh tulisannya... Hihihi ...

    ReplyDelete
  4. Wadhoww... dpt julukan raja gombal....
    Ya... gak apa-apa lah... yg penting kan kemampuannya gak digunain sembarangan ^_^
    "Di dalam kekuatan yg besar, terdapat tanggung jawab yg besar..." (Uncle Ben)

    ReplyDelete
  5. hihihi.. keliatan kok dari tlsnnya... :))

    ReplyDelete
  6. hyaaa... secara, ikhwn2 yang sk ngegombal ato minimal punya bakat ngegombal, biasanya sk menyalah gunakan potensi itu. ya, misalnya TePe2 ato semacamnya. nah lo, kalo yang di tepe2in orang yang cuek mah g maslah. kalo orgnya gampang lumer, waah... itu perlu di waspadai.

    ReplyDelete
  7. Iya..iya....
    Maka dari itu, saya menulis tulisan2 yg jadi 3 bagian itu tuh Ukhty...
    Biar jadi pengingat, gitu lho.

    ReplyDelete
  8. iya nih raja gombal hehe ... ko rajin amat nulis2 gini ... karena ga ada sasaran yang digombalin jadinya nulis ya hehe ... makanya buruan deh, biar ada target sasaran hwihwihwihi

    ReplyDelete
  9. Setuju..
    Gombal itu hanya blh dilakukan pd org y tepat,yah contohnya kyk gt
    so sweet..
    Ehm..ehm..

    ReplyDelete
  10. ceritanya koq sulit dijangkau ma pikiran ane yah??...(segitunyakah si suami?? bukannya malah menyiksa diri makan masakan yang asin?? Dan si istri pasti tetep merasa bersalah karena tidak memberikan yang terbaik buat suami tekasih, apalagi suami malah menutup-nutupi)

    kalo ane mah lebih suka kalo si suami jujur pada sang istri dengan cara yang halus dan sedikit humor. Bilang aja,
    "Sayang, salah masukin gula pake garam ya?" *sambil tersenyum...
    "Masa sih Mas?" *si istri mencicipi masakannya sendiri... "Waduh, bener Mas! asin benget! Maaf ya Mas, gak sengaja. Ane tambahin gula yah.."
    "Nggak usah Say, setelah mandang wajah anti, koq masakannya jadi berubah manis banged yhah??? hebat! ajaib! Gak perlu pake gula, senyum aja deh buat Mas, Whuuiiiiihh mwaaniiissss"
    ...........................................................................................................................

    dengan begitu, gak akan ada lagi tangis sedih atau tangis haru sang istri, tapi yang ada, goda, canda, dan cubitan mesra dari istri tercinta...heuheuheh..
    selamat mencoba ^_^

    ReplyDelete
  11. Wah.. Ukhtey.. Romantis juga,pengalaman pribadi yaks?Opps kok semuanya berubah jd romantis yaks?

    ReplyDelete
  12. Wadhoww... Mbak Misky ikut-ikutan ngatain raja gombal ... >_<....
    Hmm.. iya Mbak, blm ada sasaran. Buruan sih bisa aja, tp masih mau jadi bujangan dulu aje... Hehehe...

    ReplyDelete
  13. Wah .. wah.... keren juga alternatif ceritanya? Sipp deh!!
    Boleh juga pake alternatif yang ini, jadi alur ceritanya terserah pembaca aja deh...

    *Ukhty, mbuat buku yuk! Kita buat proyek gitu...*

    ReplyDelete
  14. bener gak yah...bener gak yah...benerrrrrrr... :-P

    ReplyDelete
  15. HE..EH... yang di utarakan (alternatif kedua) ini lumayan nyata banget... kayaknya.. pengalaman pribadi yak ukht????

    akh cahyo.... lekas lah cari target gombalmu itu... tak ilen-ilen koq panjenengan soyo suwe soyo wis keto' siap mengarungi samudra kehidupan... lekaslah bangun mahligai rumah tangga biar g' nyasar tuh gombalan dan g' imajinasinya melayang-layang...

    ReplyDelete
  16. Hahahaha.... gak sampai segitunya kaleee... ^_^
    Imajinasinya melayang-layang... ya nggak lah...

    ReplyDelete
  17. hehehe...ya nggak laaah...wong belum tahu gimana rasanya merit??!!
    cuma, apa yhah?? harapan kali yaah...heuheuh...

    ReplyDelete
  18. maklum, obsesi sutradara, obsesi novelis, dan....obsesi istri sholihah_amiin! ^____^

    ReplyDelete
  19. Ha...ha...ha...ha....... aamiiin...!! ^__^

    ReplyDelete
  20. Sabar ... sabar.... semua ada saatnya, setiap hal ada waktunya.
    Kalau Allah dah berkehendak, pasti deh Anti nanti merasakannya. ^_^
    Semoga harapannya bisa terkabul. Aamiiin...

    ReplyDelete
  21. wahhh...obsesinya banyak juga yah...
    mudah2an terkabul deh..apalagi buat jadi istri sholihah...:-)

    ReplyDelete
  22. yappari...sepertinya, afchan-san..hahahahahaha
    gombal ada 3 yang diperbolehkan:
    1. gombalin musuh klu misalnya kita tertangkap
    2. gombalin dua sahabat yang bermusuhan biar damai
    3. gombalin antar suami isteri supaya mereka tetap harmonis

    selamat bergombal dech!! (gw gak ikutan ah..)

    ReplyDelete
  23. wohohohoho... bukan eh belum akh... ana masih underground-nya BEM UNJ..... yg pasti sich amanah saat ini terkait kelegislatifan mahasiswa tingkat jurusan, fakultas, dan universitas... githu....

    ReplyDelete
  24. Hmm.... ya...ya... jangan bicarain hal underground di sini lah... ^_^

    ReplyDelete
  25. kan gda yg tw sypa an sbnrny........ yg tau cm an dan Allah SWT ajah.....

    ReplyDelete
  26. Begitukah? Tidak mungkinkah ada seorang ninja yang kemungkinan bisa membaca/menebak?? :D

    ReplyDelete
  27. syapa tuh ninjanya??? pasangan hidup an yang telah ditetapkan oleh Allah yang sekarang entah berada dimana..... mungkin dialah yang bisa membaca dan menebak siapa an nantinya......

    ReplyDelete
  28. gimana kalo sang istri malah mikir kya gini " wah,brrti suami ku lebih suka yg asin dong,biasanya aku masak ga pernah makan selahap ini,begitu ditambahin garam,malah di puji abis2an,okeh,kalo gitu berikut2nya garam nya dibanyakin ah.." =D

    ReplyDelete
  29. Wah... klo itu namanya istri tulalit...
    Hahahaha.....

    ReplyDelete
  30. Huh... untung ditegur.. kalw ga...... hehehe PEACE *_*V

    ReplyDelete
  31. @ordinarycosmic
    negoisasi?? Aku pernah belajar dasar komunikasi, harusnya negosiasi bukan negoisasi. perlu diralat tuh.
    @Mas Cahyo
    wah ternyata punya bakat terpendam jadi tukang gombal. Hehehe.

    ReplyDelete
  32. Negosiasi, memang bener yg itu.

    Bakat terpendam?? Tidak taukah Anti klo sy jadi dijuluki The God of Gombalers krn artikel sy itu??

    ReplyDelete
  33. So, sy sedikit banyak paham dgn gelagat-gelagat cowok yg mau ato sedang ngegombal.
    So, anti sebaiknya percaya pd sy. Hehehe...

    ReplyDelete
  34. Kalo percaya sama antum musyrik donk...he,...
    Percaya khan harus Kepada Alloh...


    ReplyDelete